Sukses

Lifestyle

Masih di Galaksi Bima Sakti, NASA Temukan 1.284 'Planet Alien'

Fimela.com, Jakarta Tepat Selasa (10/5), NASA mengumumkan temuan atas 1.284 planet baru di Galaksi Bima Sakti. Sebagaimana diwartakan Buzzfeed, identifikasi lewat teleskop luar angkasa Kepler tersebut merupakan pencapaian terbesar yang dipublikasikan dalam satu waktu.

Selanjutnya NASA juga memuat soal sembilan dari planet-planet tersebut berpotensi untuk ditinggali, mengingat suhu di permukaannya memungkinkan untuk dialiri air. Sejak kali pertama diluncurkan pada 2009, Kepler setidaknya sudah menemukan 21 'Bumi kedua'.

Ilustrasi Teleskop Kepler milik NASA (NASA/JPL-Caltech)

"Ini memberi kita harapan bahwa di luar sana ada planet yang sama dengan rumah kita kini, kita sangat-sangat bisa menemukan Bumi lain," jelas Ellen Stofan, Kepala Ilmuwan NASA di Washington D.C, sebagaimana dimuat di situs resmi NASA.

NASA melakukan klasifikasi atas sejumlah kandidat dengan kemungkinan hingga 99%. Hingga kini, sudah ada 3.264 planet yang ditemukan di sekitar Galaksi Bima Sakti dan 1.327 di antaranya tak bisa memenuhi kriteria sebagai tempat tinggal bagi manusia.

"Sebelum Kepler diluncurkan, kami tak tahu apakah tebaran planet tak berpenghuni memang langka atau biasa terjadi di galaksi," tutur Paul Hertz, pemimpin divisi Astrophysics NASA. Memang tak bisa disimpulkan dalam waktu singkat, namun temuan ribuan planet ini bisa jadi satu langkah untuk temukan Bumi baru.

Kepler, planet kembar bumi. (foto: phl.upr.edu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading