Sukses

Lifestyle

Keren! Hasil Eksperimen Siswa Indonesia Dibawa NASA ke Bulan

Fimela.com, Jakarta Sebuah prestasi yang membanggakan baru saja diraih oleh siswa Indonesia yang hasil risetnya diberdayakan oleh Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) untuk mempelajari luar angkasa. Berkat hasil riset yang telah dibuat para pelajar yang dikenal dengan tim Padi dan tim Ragi akan mempresentasikan hasil penelitian mereka di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC pada bulan November 2016.

Dilansir dari Antara, Kamis (31/3/2016) dua perangkat eksperimen siswa Indonesia dibawa pesawat tanpa awak NASA pada Rabu (23/3/2016) adalah penelitian pertama dari tim siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggul Del di Laguboti, Sumatera Utara, mempelajari pertumbuhan ragi di luar angkasa. Kemudian, eksperimen kedua mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa yang merupakan penelitian tim siswa gabungan beberapa SMA di Jakarta, Bandung (Jawa Barat), dan Jayapura (Papua).

Atas prestasi tersebut pemerintah yang diwakilkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengungkapkan kekagumannya. “Mereka adalah anak-anak muda yang membanggakan. Ini bukti bahwa Indonesia memiliki kaum muda yang bervisi kelas dunia," catat Imam melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat. Imam pun berharap para pemuda unggul ini dapat terus diapresiasi di dalam negeri, sehingga tidak ada negara lain yang merebutnya.

Teknologi hidroponik untuk melakukan pertanian di planet atau benda angkasa lain guna memastikan ketersediaan pangan. (Sumber NASA)

"Jangan sampai para siswa dan siswi potensial Indonesia diambil oleh negara lain. Sudah banyak contoh pemuda-pemuda terbaik kita justru bekerja dan menetap di luar negeri karena berbagai faktor," catatnya. Menpora juga berharap, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini para pemuda Indonesia dapat terus mengembangkan diri menghadapi persaingan di Asia Tenggara maupun global.

#Berikut dua tim Indonesia yang ikut dalam eksperimen tersebut :

Tim Ragi (SMA Unggul Del, Laguboti, Sumatera Utara): Anisa Auvira, Freddy Simanjuntak, Gilbert Nadapdap, Gomos Manalu, Hagai Sinulingga, Jonatan Daniel, Joy Gultom, Junita Sirait, Martin Siahaan, Rudini Silitonga.

Pembimbing: Arini Desianti Pratiwi, Elin Bawekes, Riza Muhida, Yalun Arifin, Ichsan

Tim Padi: Anatsya Womsiwor (SMAN 1 Sentani), Bennett J. Krisno (SMA Pelita Harapan Lippo Village), Bob Kaway (SMA Advent Doyo Baru), Derrick Harianto (Binus School Simprug), Gisella Austine (SMA Pelita Harapan Lippo Village), Jason Reysan (SMA BPK Penabur 2 Bandung), Marie Felicia Surya (SMA Pelita Harapan Lippo Village), Natasha Harianto (Binus Schoolj Simprug), Stefince Irene Cendrawasih (SMAN 1 Sentani), Tithus Lamek Yewi (SMA Advent Doyo Baru).

Pembimbing: Syailendra Harahap

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading