Sukses

Lifestyle

Tips Kendalikan Penggunaan Kartu Kredit

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan menghabiskan banyak uang adalah sebuah penyakit yang harus disembuhkan. Sedangkan berutang pada kartu kredit sama saja seperti kanker yang sewaktu waktu bisa mematikan. Ketika mendapatkan tagihan kartu kredit dan tidak membayar penuh tagihan tersebut, itu sama saja membiarkan sel kanker hidup dalam tubuh. Hal itu dikatakan Kevin O’ Realy, pengusaha sekaligus penasehat keuangan asal Kanada.

Meski begitu, terdapat keuntungan bagi pemilik kartu kredit . Asal bisa bijak menggunakannya. Penasihat keuangan di Oklahoma City yang juga penulis buku "The Value of Money," membuat empat daftar teratas yang harus dihindari ketika menggunakan kartu kredit.

1. Bayarlah tagihan bulanan Anda jangan sebatas pembayaran minimum. Jika pembayaran minimum dilakukan Anda akan membuat pembayaran meningkat, dan berkat bunga kredit, akan membuat total pembayaran bulanan akan naik secara signifikan.

2. Jangan membawa banyak kartu kredit. Penggunaan beragam kartu kredit akan mudah membuat Anda banyak berhutang, hal ini dikarenakan sulitnya melacak pengeluaran. Mempunyai banyak kartu kredit sebenarnya tidak berpengaruh buruk pada kredit Anda, tapi salah menggunakannya akan berdampak buruk. Jadi, batasi kartu Anda pada dua kartu saja.

Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

3. Jangan terlambat membayar tagihan kredit sebab selain Anda akan dikenakan biaya keterlambatan, ada tingkat bunga kredit yang akan melonjak. Bila Anda tengah terjebak batas waktu pembayaran, sebaiknya melakukan pendaftaran online banking.

4. Jangan mengambil uang tunai melalui kartu kredit sekalipun Anda diberi fasilitas. Transaksi ini diikuti dengan tingkat bunga tinggi dan biaya servis tambahan, yang membuatnya menjadi jauh lebih mahal hanya untuk mengambil sejumlah uang tunai.

Demikian empat tips yang harus diperhatikan Anda sebagai pemilik kartu kredit seperti dilansir dari laman ayopreneur.

Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading