Sukses

Lifestyle

5 Fakta Soal ASI yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Air Susu Ibu, atau lebih dikenal dengan ASI merupakan asupan gizi yang luar biasa buat para bayi. Biasanya, seorang ibu akan menyusui anaknya selama 6 bulan. Namun, ada juga beberapa ibu yang menyusui anaknya hingga 2 tahun. Pemberian ASI setelah anak usia 6 tahun bukan lagi ASI eksklusif. Karena sang bayi sudah mengonsumsi makanan lembut. Namun tetap diberi ASI. 

Sebagian orang meyakini, bayi yang diberi ASI lebih kuat dan tak mudah sakit dibandingkan dengan bayi tanpa ASI. Artinya, air susu dari ibu ini memiliki banyak manfaat bagi para bayi. Berikut ini beberapa fakta mengenai ASI. 

1. Dilansir dari Health Foundation, ASI meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Seperti menjaga bayi dari serangan virus, bakteri, dan infeksi parasit. Bayi yang diberikan ASI juga tak mudah terkena infeksi sistem pernapasan dan telinga. Bahkan juga terbukti menjadi penangkal bakteria meningitis, pneumonia, diare, demam dan flu, bahkan infeksi saluran kemih. 

Manfaat Penting ASI untuk Bayi (Foto: newkidscenter.com)

2. Ternyata, khasiat ASI tak hanya berlaku pada usia kurang dari satu tahun. Tapi juga menjaga kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit parah yang nanti bisa timbul pada saat sang bayi tumbuh besar. Seperti diabetes tipe 1 dan 2, Leukemia, obesitas, darah tinggi, kolesterol, dan masih banyak lagi. 

3. Bukan cuma baik untuk anak-anaknya, menyusui bagi sang ibu akan mengurangi risiko terkena kanker ovarium, payudara, penyakit jantung, serta osteoporisi. Semakin lama sang ibu menyusui, maka semakin baik manfaatnya. Bahkan, media tersebut menulis, ibu yang menyusui selama 8 tahun akan memiliki 0% risiko terkena kanker payudara. 

Lakukan Hal Ini Jika ASI Tak Keluar Pasca Melahirkan

4. Rata-rata, bayi menghabiskan 67% ASI ibunya. Artinya, mereka minum ASI hingga mereka merasa kenyang. Bukan hingga air susu ibu habis. 

5. Selain itu, ASI juga mengandung zat yang membantu bayi untuk menjadi lebih tenang dan mudah tidur. Dan, menyusui juga membantu sang ibu menjadi lebih tenang dan membangun hubungan yang kuat antara ibu dan anak. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading