Sukses

Lifestyle

4 Makanan Khas Arab yang Juga Disukai Orang Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi ke Indonesia disambut dengan antusias oleh pemerintah maupun masyarakat di negeri ini. Kedatangan sang raja dan rombongannya seperti mengingatkan kembali kalau kedua negara sudah sangat dekat sejak dulu.

Selain dalam hal budaya dan tenaga kerja, kedekatan itu juga ada dalam hal makanan atau kuliner. Makanan khas Arab sudah lama menjadi kegemaran orang Indonesia. Sederet restoran yang menyajikan masakan khas Arab atau Timur Tengah sudah banyak dijumpai di Indonesia. Bukan itu saja, bahkan ada makanan yang sudah dimodifikasi dengan cita rasa lokal.

Apa saja makanan yang sudah dikenal luas ini? Seperti dilansir dari liputan6.com, berikut ini empat makanan khas Arab yang sudah dimodifikasi dan banyak disukai orang Indonesia.

Martabak

Shutterstock.com

Makanan favorit banyak orang ini berasal dari bahasa Arab yaitu Muttabaq. Makanan ini sudah berasimilasi dengan berbagai daerah di Indonesia. Ada Martabak Kubang dari Sumatera Barat dan Martabak Bandung dari Jawa Barat. Pada umumnya martabak memiliki rasa manis dan gurih, terdiri dari bahan yang berbeda.

Martabak yang manis terbuat dari kulit tebal dari tepung dengan campuran cokelat dan gula. Sedangkan martabak yang gurih atau sering disebut martabak telur, terbuat dari kulit yang tipis, dengan campuran daging, telur dan kuah yang sangat nikmat.

Roti Prata

Roti Canai. foto: london cheap eats.

Roti Prata atau Roti Canai, juga terkenal di kalangan masyarakat India yang sudah datang ke Indonesia berabad lamanya. Roti ini terbuat dari lapisan kulit martabak yang tipis, kemudian dilipat-lipat sebelum nantinya dihancurkan setelah di panggang. Roti ini biasanya dikonsumsi dengan gulai, kari atau tambahan lainnya yang menambah cita rasa.

Nasi Biryani

Nasi Biryani. foto: kulinermama.com

Nasi Biryani dikenal dengan sajian yang penuh rempah dan campuran daging, Kuliner ini sering dibuat untuk menyambut hari besar atau pesta pernikahan di Indonesia. Selain bikin kenyang, makanan ini benar-benar praktis menyatukan lauk dan nasi tanpa harus menggunakan banyak tempat. Karena dimasak langsung dengan daging seperti kambing atau ayam, tentunya rasa Nasi Biryani ini menjadi lebih nikmat dan gurih di lidah.

Gulai Kambing

Hidangan gulai kambing bisa kamu santap selagi Hari Tasyrik. (kuliner.ilmci.com)

Siapa yang tidak tahu gulai kambing? Sajian yang memiliki pengaruh Arab Saudi dan India ini sudah menjadi bagian kebudayaan di Indonesia. Banyak prosesi adat yang mengharuskan penyelenggara menghadirkan sajian gulai kambing yang punya makna sangat mewah. Tentunya gulai kambing memiliki mitos membangkitkan semangat bagi para penikmatnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading