Sukses

Lifestyle

Ketika Doa Malah Menyakiti Seekor Penyu

Fimela.com, Jakarta Menghabiskan banyak tahun di kolam doa, penyu bernama Omsin ditemukan dengan perut penuh koin. Seperti dimuat foxnews.com, banyak warga Thailand yang percaya dengan melemparkan koin akan memberikan penyu tersebut umur panjang. Namun, doa tersebut sekarang malah membawa petaka.

Berdasarkan keterangan Nantarika Chansue, profesor Universitas Chulalongkorn, seperti dilaporkan mashable.com, penyu berusia 25 tahun itu telah menjalani operasi, Senin (6/3) silam, untuk mengeluarkan koin sebanyak 915 buah dengan berat hampir 5 kilogram. Keberadaan koin-kion terebut dikatakan telah menekan organ tubuh Omsin yang lain.

Koin-koin yang ditemukan di perut Omsin si penyu. (Nantarika Chansue/Facebook)

"Jika kami tak mengoperasinya, ia tak akan bisa makan," katanya kepada Khaosod, seperti dikutip foxnews.com. Nantarika menambahkan, koin yang ditemukan di perut Omsin terdiri dari berbagai macam, di mana berarti turis dari sejumlah negara turut melakukan 'ritual' serupa ke kolam tempat sang penyu tinggal.

Selepas menjalani operasi selama tujuh jam penuh, Omsin dikatakan akan dikembalikan ke laut setelah dipastikan benar-benar sembuh. Hingga kini, ia masih terus menjalani pengobatan intersif, serta melakukan berbagai terapi fisik.

Omsin si penyu setelah menjalani operasi. (Nantarika Chansue/Facebook)

Mengingat kejadian ini, Rungrote Thanawongnuwet, pemimpin program ilmiah Universitas Chulalongkorn mengatakan semestinya orang-orang berhenti melemparkan koin doa yang bisa menyakiti hewan atau makhluk hidup lain. "Orang percaya dengan melemparkan koin akan membuat penyu-penyu ini berumur panjang. Karenanya mereka meletakkan penyu di kolam ketimbang alam liar," tuturnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading