Sukses

Lifestyle

Ketika Masalah Perjodohan Menimpa Hubungan yang Sudah Terjalin

Fimela.com, Jakarta Meski zaman sudah semakin berkembang, drama perjodohan bak kisah Siti Nurbaya yang melegenda itu belum sepenuhnya hilang. Meski tak juga sebanyak dulu, tapi masih ada orang tua yang mengambil alih hak anak sepenuhnya untuk menentukan jodoh mereka, alias menjodohkan.

Di satu sisi, perjodohan orang tua semestinya diyakini sebagai salah satu upaya untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya. Namun di sisi lain, perjodohan bisa jadi bencana jika pihak yang terlibat sudah memiliki pasangan pilihannya sendiri. Kalau kamu berada dalam posisi tersebut, bagaimana menghadapinya?

1. Usahakan tetap tenang dan mulai mencerna situasi. Pahami betul apa yang terjadi dan kenali siapa orang yang akan dijodohkan denganmu. Jangan langsung memberontak atau menentang perkataan orang tuamu.

Ketika masalah perjodohan menimpa hubungan yang sudah terjalin. (Foto: pexels.com)

2. Diskusikan dengan orang tua mengenai perjodohan ini. Dengan begitu mungkin kamu akan memahami lebih jauh kenapa orang tuamu melakukan perjodohan ini. Jika kamu sudah memiliki pasangan, sampaikan pula kepada orang tuamu di kesempatan itu. Tapi, jika maksudmu adalah kamu ingin mempertahankan dengan pasangan pilihanmu, pastikan bahwa hubungan yang kalian punya akan memiliki masa depan. Kalau kamu mempertahankan hubungan tersebut di hadapan orang tuamu tapi belum punya kepastian yang jelas, orang tuamu punya alasan yang kuat untuk tetap menjodohkan kamu dengan orang lain yang mereka pilih.

Ketika masalah perjodohan menimpa hubungan yang sudah terjalin. (Foto: virtual-college.co.uk)

3. Walau berat hati, diskusikan ini dengan pasangan. Memang bukan hal yang mudah dilakukan apalagi diterima olehnya, namun dia berhak tahu dan mencari jalan keluar bersamamu jika kalian bersedia berjuang. Di kesempatan ini, tanyakan pula ke mana arah hubungan kalian akan berlanjut agar setidaknya kalian mendapat gambaran layak atau tidaknya hubungan kalian diperjuangkan.

Ketika masalah perjodohan menimpa hubungan yang sudah terjalin. (Foto: pexels.com)

Jika kamu dan pasangan memiliki keyakinan terhadap satu sama lain dan bersedia untuk memperjuangkannya di hadapan orang tuamu, masalah perjodohan ini pasti bisa diatasi, apalagi kalau belum ada perjodohan yang 'resmi' dari pihakmu dan pihak sana. Pada dasarnya orang tua hanya ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Mereka pun pasti luluh hatinya kalau kamu dan pasangan pilihanmu bisa membuktikan kalian mampu membawa hubungan kalian ke arah yang baik seperti keinginan orang tua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading