Sukses

Lifestyle

Nggak Kaya Patung Pancoran, Ikon Jakarta Ini Luput dari Perhatian

Fimela.com, Jakarta Ketika nama-nama seperti Patung Pancoran, Patung Selamat Datang dan Patung Sudirman sudah begitu familiar, Jakarta nyatanya masih menyimpan sejumlah ikon menarik yang tak dilirik banyak pasang mata. Berusia ratusan tahun, Ibu Kota telah jadi tempat di mana sejarah terukir, telah jadi saksi bisu di mana banyak peristiwa penting berlangsung.

Karenanya, jangan heran bila kota yang dulu bernama Batavia ini kemudian jadi 'gudang' kejadian masa lampau dengan deretan peninggalan penting. Berangkat dari fakta itu, jangan lagi berpikir Jakarta hanya soal metropolitan dengan sederet tawaran bernuansa semrawut. Bila ditelisik lebih dalam, kota yang di utaranya berbatasan dengan Laut Jawa ini bisa jadi destinasi sejarah nan menarik.

Tak melulu singgah di ikon ternama, bila kamu salah satu yang tertarik untuk menguak sisi lain Jakarta, maka menyambangi sejumlah patung 'anonim' pun menyenangkan untuk dilakukan. Memang sih, Ibu Kota bukan kawasan yang ramah untuk dijelajah dengan berjalan kaki, namun mengapa juga tak dicoba? Mari menemukan ikon Jakarta yang luput dari perhatian publik!

Selain Patung Pancoran, Patung Hermes juga ikon Jakarta yang tak kalah menarik untuk dilihat. (novi_warman/Instagram)

Patung Hermes. Bukan merek tas branded ternama asal Perancis, Hermes yang dimaksud di sini adalah Dewa Yunani yang kerap muncul dalam sederet film mitologi. Awalnya, versi asli patung ini diletakkan di Jembatan Harmoni sebagai batas kawasan niaga. Sempat hilang dari tempatnya berdiri pada Agustus 1999, Patung Hermes ditemukan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Tindakan ini dilakukan untuk menyelamatkan salah satu benda cagar budaya tersebut, lantaran kala itu, posisi patung miring ke arah kali karena peyangganya ditabrak mobil. Daripada jatuh, petugas DPU mengamankan Patung Hermes. Kini, kamu bisa menemukannya di halaman belakang Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah.

Dari Obama Hingga Diponegoro

Patung Obama. Sudah sering terdengar, kamu mungkin juga tahu bila Barack Obama, presiden ke-44 Amerika Serikat, pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta, tepatnya di kawasan Menteng. Seakan hendak mengabadikan catatan sejarah itu, sekarang bisa kamu dapati Patung Obama kecil berpose berdiri sambil dihinggapi kupu-kupu di tangan kanannya.

Selain Patung Pancoran, Patung Obama juga ikon Jakarta yang tak kalah menarik untuk dilihat. (mbatikyuuuk.com)

Sempat diletakkan di Taman Menteng, namun patung yang dibawahnya berhias kata-kata mutiara ini akhirnya ditaruh di halaman depan SDN Menteng 01 yang dulunya merupakan sekolah sang mantan presiden Negara Adidaya tersebut. Kamu boleh berkunjung dan melihat langsung Patung Obama asal tak membuat gaduh.

Patung Diponegoro. Berdiri di antara lalu lintas Menteng yang lumayan sering lengang, patung di depan Gedung Bappenas ini mungkin tak banyak diperhatikan keberadaannya. Dikelilingi taman kecil nan cantik, ukuran patung ini sebenarnya cukup besar.

Selain Patung Pancoran, Patung Diponegoro juga ikon Jakarta yang menarik untuk dilihat. (liapicauly/Instagram)

Lewat patung tersebut, figur Pangeran Diponegoro digambarkan tengah menunggang kuda dan memegang tombak dengan kedua kaki bagian depan kuda terangkat. Sebagaimana dimuat historia.id, patung ini bermaterialkan perunggu dengan berat sekitar 8 ton. Jadi, banyak cara menemukan ikon Jakarta bukan ketimbang hanya bertolak ke nama populer macam Patung Pancoran?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading