Sukses

Lifestyle

Ternyata, Ini Sebab dan Cara Sembuhkan Sariawan dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Siapa yang bilang sakit gigi itu sakit yang paling nggak enak? Soalnya, sariawan pada lidah, gusi, dinding mulut, dan bibir bagian dalam sebenarnya cukup menyiksa. Sama seperti sakit gigi, kamu yang sariawan bakal sulit untuk mengunyah. Bahkan, kadang kamu juga sulit untuk berbicara. Setiap kali kamu ingin membuka mulut, tepat pada sariawan itu akan terasa sangat perih. 

Sariawan, dikutip dari Dental Health, sebenarnya merupakan luka seperti pada kulit pada bagian tubuhmu yang lain. Cuma, sariawan ini hanya terjadi pada bibir atau bagian dalam mulut. Nah, biasanya sariawan berwarna merah. Tapi ada juga, lho yang warnanya kuning. Ada dua jenis sariawan secara umum. Pertama, sariawan yang disebut dengan cold sore, terjadi pada bibir luar. Kedua, sariawan yang terjadi karena adanya serangan virus.

Kamu sebenarnya nggak perlu terlalu khawatir dengan sariawan. Karena, sariawan yang kecil akan cepat dan mudah sembuh. Sementara itu, sariawan yang ukurannya lebih besar akan membutuhkan waktu lebih lama hingga sembuh. Tapi, kalau sudah sampai 3 minggu belum juga sembuh, sebaik kamu pergi ke dokter. Siapa tahu itu bukan sariawan biasa. 

Ilustrasi sariawan | via: necturajuice.com

Biasanya, kamu cuma bakal punya satu sariawan. Tapi, ada juga yang muncul dua atau lebih sekaligus, di saat yang sama. Bahkan, beberapa orang bisa mendapatkan 100 sariawan kecil-kecil. Sudah pasti, ini rasanya sangat sakit. Selain jenis-jenis dan beberapa kasus seputar sariawan, banyak juga orang yang bertanya-tanya, apa yang bikin sariawan muncul. 

Dilansir dari media yang sama, sariawan tunggal biasanya disebabkan karena kamu nggak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam bibi, baik pada saat makan atau di waktu lain. Kalau kamu pakai behel, kawat gigimu bisa saja melukai dinding mulut bagian dalam juga, lho. Tapi selain kegigit, kamu yang memakai gigi palsu juga bisa sariawan, lho. Tapi ini jarang banget, kecuali pemasangan gigi palsu itu salah dan akhirnya kulit atau lidahmu bergesekan dengan gigi palsu sehingga timbul luka. 

Behel | via: deherba.com

Kamu yang sering sariawan sebaiknya segera mengobati lukamu itu. Soalnya selain akan mengganggu aktivitasmu, luka yang nggak cepat diobati juga bisa tambah parah dan melebar. Ada banyak obat sariawan yang dijual di apotek. Mulai dari obat seperti salep yang dioleskan pada sariawanmu, atau juga obat bubuk berwarna hijau. Untuk mempercepat penyembuhan, sebaiknya kamu makan makanan yang tinggi akan vitamin C. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading