Sukses

Lifestyle

Warna-warni dan Meriah, Kamu Tahu Asal Usul Telur Paskah?

Fimela.com, Jakarta Setiap perayaaan Paskah, kamu pasti akan melihat ada begitu banyak telur cantik yang dihias dengan berbagai motif dan warna. Saat melihatnya, kamu pasti merasa gemas ya, ingin bawa pulang rasanya. Tapi kamu tahu nggak sih sejarah awal telur Paskah tersebut?

Melansir berbagai sumber, tradisi membagikan telur paskah ini awalnya bertepatan dengan perayaan musim semi, di mana telur menjadi simbolnya. Saat musim semi tiba biasanya orang-orang Eropa akan membagi-bagikan telur sebagai hadiah dan tanda bahwa musim yang baru telah tiba.

Ilustrasi Telur Paskah. (via. Capcana)

Nah, karena perayaan Paskah dan musim semi selalu tiba di waktu yang bersamaan, tradisi ini pun sulit untuk dihapuskan, hingga akhirnya tradisi membagikan telur tersebut menjadi bagian dari perayaan Paskah. Seiring berjalannya waktu, tradisi telur Paskah pun terus berkembang dan populer di Eropa Utara dan Asia.

Selain sebagai hadiah dan tanda kehidupan, beberapa negara kemudian menciptakan permainan dengan telur paskah. Di Jerman, Australia dan Perancis misalnya, permainan telur Paskah dilakukan dengan cara merebus telur dan mengadunya dengan telur lain dengan cara digelindingkan dari atas bukit. Jika saat diadu telurmu tak retak maka, telurmu itu dinyatakan sebagai telur kemenangan, girls.

Ilustrasi Telur Paskah. (via. Discover Easton)

Selain itu tradisi lainnya adalah perlombaan mencari telur pada hari Minggu Paskah, yang bisanya dilakukan di rumah atau di kebun. Di Jerman dan Australia, biasanya telur, kue dan permen diletakkan dalam sebuah keranjang dan diletakkan di tepat tersembunyi. Dari permainan yang juga populer di Indonesia ini, anak-anak meyakini telur-telur tersebut diletakkan oleh kelinci Paskah.

Girls, tak sampai disitu, kamu tahu nggak sih makna warna-warni telur Paskah? Ternyata ada makna terseumbunyi lho dari warna-warni telur tersebut. Bagi orang Kasdim, Suriah dan Yunani mereka menghadiahi hadiah telur berwarna merah untuk menghormati darah Kristus.

Ilustrasi Telur Paskah. (via. Patch)

Di Jerman dan Australia, mereka hanya menggunakan terlur berwarna hijau pada hari Kamis Putih, sedang telur warna-warni akan digunakan pada hari perayaan Paskah.

Bicara soal telur Paskah, ternyata ada telur Paskah termahal lho girls! Terlur tersebut adalah karya seniman Prancis bernama Peter Carl Faberge, yang mana harga telur-telurnya lebih dari US$ 10 juta (Rp 132,6 miliar). Kenapa mahal? karena ia menghiasi telur-telurnya dengan berlian.

Telur Paskah Peter Carl Faberge. (via. Saint-Petersburg.com)

Telur Paskah karya Peter Carl Faberge pun dikoleksi oleh orang-orang kaya di dunia, termasuk Ratu Inggris dan anggota kerajaan Monako. Kamu sendiri sudah menghias telur Paskah seperti apa?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading