Sukses

Lifestyle

Selain Pintar, Cewek Juga Harus Punya Tanggung Jawab Tinggi

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang manusia yang sempurna memang bukan sebuah hal yang mudah, namun sebagai cewek tangguh ada baiknya kamu terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Kalau banyak dari kamu yang berpikir menjadi wanita itu harus cantik dan pintar, kamu harus tahu kalau jadi cewek harus lebih dari itu.

Ya, tanggung jawab adalah bagian yang tak terpisahkan dan harus tertanam di diri seorang cewek. Kenapa? Ada banyak hal yang bisa mengharuskan seorang perempuan harus menjadi seorang yang bertanggung jawab, bukan hanya untuk dirinya tetapi juga untuk orang lain.

Marissa Mayer, CEO Yahoo. (Foto: business insider)

Salah satu contohnya dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Yahoo, Marissa Mayer yang merelakan dirinya tak mendapatkan bonus tahun 2016 karena merasa bertanggung jawab atas insiden keamanan, yaitu terjadi peretasan satu miliar akun Yahoo sejak tahun 2014. 

Selain tak menerima bonus tahun 2016, sebagai bentuk tanggung jawab Mayer pun mengundurkan diri dan menghibahkan bonus tahun 2017 miliknya untuk para karyawan yang telah bekerja keras menuntaskan masalah peretasan tersebut. 

Marissa Mayer (huffingtonpost)

"Bagaimanapun, saya CEO perusahan (Yahoo) dan peristiwa itu terjadi saat saya menjabat. Untuk itu, saya setuju memberikan bonus tahunan dan hibah ekuitas 2016 ke karyawan yang telah bekerja keras dan berkontribusi terhadap kesuksesan Yahoo tahun lalu," kata Mayer. 

Tindakan Mayer tersebut adalah satu dari sekalian banyak tanggungjawab yang harus dipikul olehnya sebagai seorang pekerja. Nah sebagai cewek, apapun profesimu saat ini, berikut adalah alasan kenapa seorang cewek harus memiliki tanggungjawab yang tinggi.

Meneruskan perjuangan Kartini. (Foto: Istimewa)

1. Meneruskan perjuangan Kartini. Apa yang kita dapatkan saat ini, bisa mengenyam pendidikan, bekerja, bebas berbicara dan sebagainya bisa kita nikmati salah satunya karena perjuangan Kartini. Maka itu kita harus bertanggung jawab atas apa yang telah kita dapatkan. Tanggung jawab ini juga sebagai langkah terus memperjuangkan dan mempertahankan emansipasi wanita.

2. Bukti kualitas diri. Ya, tanggung jawab adalah bukti kualitas diri. Ingat ya girls, apapun masalah dan tantangannya kamu harus hadapi itu hingga tuntas. Menerima berbagai konsekuensi positif atau negatif dari apa yang telah kamu perbuat juga sebuah bentuk tanggung jawab, hadapi saja.

Ilustrasi ibu bertanggungjawab. (Galih W. Satria/Bintang.com) 

3. Masa depan anak-anak ada ditanganmu. Siapapun dirimu saat ini, menjadi seorang istri dan seorang ibu adalah takdir. Saat kamu menjalani masa tersebut kewajiban dan tanggung jawabmu sangat besar. Maka jadilah wanita yang baik dan berkualitas, karena anak-anakmu akan tumbuh bersamamu.

Loading