Sukses

Lifestyle

Selain Sembelit, Ini Akibatnya Kalau Lupa Makan Sayur

Fimela.com, Jakarta Sayur memang menjadi makanan yang nggak semua orang sukai. Bukan karena sayur adalah makanan yang sehat. Tapi nggak banyak orang yang dibiasakan makan sayur sejak kecil. Makanya, mereka akhirnya cuma suka makanan yang biasa mereka makan sejak kecil. Yaitu ikan, ayam, dan daging. Sayur menjadi 'musuh' bagi mulutmu karena nggak terasa seenak lauk favoritmu. 

Bukan berarti lauk lain itu nggak boleh kamu makan. Bukan juga berarti kamu harus makan salad terus dan menjadi vegetarian. Tapi, tanpa adanya asupan sayuran yang cukup, tubuhmu akan berubah dan akhirnya timbul berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Dilansir dari Live Strong, ada beberapa penyakit dan gangguan yang paling sering terjadi, lantaran kurangnya sayuran. 

Seperti susah buang air besar atau sering disebut sebagai sembelit. Ketika kamu sulit buang air besar, berarti kamu kurang serat. Sehingga, kotoran yang akan keluar menjadi mengeras dan agak sakit ketika mau keluar. Nah, kalau ini terus-terusan kamu biarkan, kamu akan melukai dinding-dinding usus. Bahkan, bisa mengakibatkan ambeien. 

Sayur segar. (theblondeabroad.com)

Selain sembelit, kamu juga bisa menjadi obesitas atau paling nggak berat badanmu semakin bertambah. Soalnya, kamu yang nggak makan banyak sayur lebih banyak makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Selain itu, kamu yang lebih banyak makan makanan tinggi protein, akan meningkatkan risiko kolerik dan juga pengumpulan lemak dalam tubuh. 

Tapi jangan salah, girls. Gemuk bukan berarti kamu bahagia dan sehat. Soalnya, kamu yang gemuk tapi nggak pernah makan sayur, juga bisa saja menderita malnutrition atau kekurangan gizi. Kamu mungkin saja terlihat biasa dan nggak kelaparan. Tapi karena kamu nggak dapat nutrisi yang ada pada sayuran, kamu akhirnya jadi kekurangan gizi. 

Sayur-Sayuran. foto: tendertouchmobilelabs.com

Kalau kamu nggak mau hal ini terjadi, kamu harus selalu makan sayur setiap hari, ya. Jangan sampai kamu akhirnya menyesal karena nggak sering makan sayuran, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading