Sukses

Lifestyle

Manfaat yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh bila Kamu Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan hanya tinggal hitungan hari saja, apakah kamu sudah siap menyambutnya? Tentu saja kesiapan menjalankan kewajiban berpuasa untuk mendapatkan pahala. Semua itu harus dijalankan dengan niat yang kuat dan ikhlas sehingga ibadah puasa yang kamu lakukan dapat dijalani maksimal, terlebih lagi berpuasa juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuhmu. 

Selain menahan rasa lapar dan haus kamu juga harus bisa menahan hawa nafsu, misalhnya amarah yang dapat membatalkan puasa kamu. Hal ini yang terkadang membuat psikologi seseorang menjadi lebih tenang lho, yang sangat memberikan efek positif pada tubuhmu seperti mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan sebagainya. Tak hanya itu saja masih banyak lagi keuntungan yang baik bila kamu berpuasa, berikut manfaat untuk kesehatan bila kamu berpuasa dari berbagai sumber.

1. Kekebalan tubuh meningkat

Puasa akan memberikan dampak positif pada sistem kekebalan ditubuhmu. Saat berpuasa kamu bukan merasa lemas yang membuat kamu jadi gampang sakit. Ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar atau makanan yang tidak baik.

Puasa buat kekebalan tubuh meningkat. (sumber foto: reenworldstore.net)

2. Ginjal jadi lebih sehat

Manfaat ginjal dalam tubuh sebagai penyaring zat berbahaya apapun yang kamu makan dan minum. Mengapa sata berpuasa bikin ginjal jadi semakin sehat? Karena fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

Ginjal jadi lebih sehat ketika berpuasa. (sumber foto: Liputan6.com)

3. Dapat menurunkan berat badan

Ini dia yang selalu dirasakan manfaat puasa bagi para cewek, karena berpuasa secara ilmiah juga berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

Manfaat puasa dapat menurunkan berat badan. (sumber foto: jatik.com)

Yuk, mulai puasa tahun ini rasakan manfaat yang baik untuk kesehatan selain meningkatkan pahala kamu bisa buat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Setuju kan?

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading