Sukses

Lifestyle

Tips Biar Kamu Nggak Kalap Beli Barang-barang Lucu Saat Traveling

Fimela.com, Jakarta Duh lucu ya! Yang ini lucu, yang ini juga lucu. Girls, sadarkah kamu kalau (terlalu) sering membeli barang hanya karena lucu? Berparas menarik, akan menyesal rasanya bila tak membawa barang-barang tersebut pulang. Kebiasaan ini berlaku hampir di tiap kesempatan, termasuk saat traveling.

Berada di wilayah asing dengan berbagai barang unik yang tak biasa ditemui di keseharian, godaan untuk membelinya boleh jadi berlipat ganda. Belum tentu bisa ke sini lagi lhoYa ya ya, tawaran-tawaran macam itu memang menarik, terlalu menarik, bahkan di beberapa kesempatan. Tapi, haruskah sampai kalap berbelanja dan membuat tagihan membengkak?

Tak ada yang berkata mudah, tapi bukan berarti kamu tak bisa menahan keinginan untuk membeli barang-barang lucu selama traveling. Dengan melakukan sejumlah trik yang melibatkan komitmen untuk melakukannya, bukan tak mungkin kamu bisa, jika ingin, membawa pulang sejumlah barang di kadar cukup. Yuk, simak ulasannya!

Buat daftar barang belanjaan saat traveling. (Sumber Foto: twenty20)

Buat daftar. Kalau kamu tipe pelancong yang mewajibkan belanja di tiap kunjungan, maka jangan ragu membuat daftar ketika membuat rencana perjalanan. List tersebut, tak lain tak bukan, memuat barang apa saja yang hendak dibeli.

Biasanya, kamu sudah punya incaran tentang apa-apa saja yang ingin dibawa pulang. Masukkan semuanya di daftar. Karena tak sedang berada di lokasi pembelian, kamu mestinya bisa memilah mana yang lebih menarik untuk dibeli. Rampung, daftar tersebut adalah panduan berbelanjamu. Disiplinlah pada daftar itu!

Atur Pengeluaranmu!

Sisihkan biaya. Umumnya, budget traveling hanya terdiri dari dua kelompok besar, yakni transportasi dan biaya hidup selama berada di destinasi perjalanan. Namun kalau kamu biasanya menjadwalkan berbelanja, maka sisihan biaya di poin ini juga penting dilakukan.

Membuat sisihan biaya belanja. (Sumber Foto; Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain lebih manageable, pengelompokan biaya ini pun merupakan tindakan antisipasi agar pengeluaran saat berbelanja jadi tak terlalu membengkak. Jangan jadikan kartu kredit sebagai dalih dari inginmu. Biasakan menyisihkan biaya berbelanja dengan uang tunai.

Jangan terlalu lama berada di pusat perbelanjaan. Window shopping sebenarnya menyenangkan, sekaligus tricky. Karena semakin lama dilihat dan dicermati, bisa saja kamu berpikir kalau barang ini penting dibawa pulang.

Berbelanja saat traveling. (Sumber Foto: streetfightmag.com)

Menghindari persepsi itu, janganlah terlalu lama berada di pusat perbelanjaan. Langsung tanyakan barang yang diingini. Kalau tak ada, carilah alternatif dengan barang serupa atau jangan jadi membeli sama sekali. Lagipula, kamu masih punya banyak agenda traveling yang menarik untuk dilakukan, selain hanya berbelanja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading