Sukses

Lifestyle

Salatiga yang Penuh Kejutan-kejutan Manis

Fimela.com, Jakarta Tak melulu kawasan populer. Sesekali, kamu juga mesti traveling ke wilayah-wilayah asing yang namanya kurang tenar di kalangan pelancong, termasuk Salatiga. Meski tak disinggahi banyak pendatang, bukan berarti pesona absen sama sekali di tempat-tempat ini.

Bila destinasi dalam kategori tersebut yang tengah diminati, maka melewatkan Salatiga sekiranya akan terasa seperti kesalahan fatal. Jawa Tengah memang berisikan nama-nama familiar yang pesonanya tak perlu diragukan lagi. Namun di samping deretan wilayah macam Semarang atau Solo, kamu juga masih bisa mendapati cantik provinsi tetangga Yogyakarta ini di tempat lain.

Mulai dari air terjun hingga wisata ala hutan pinus yang hits di banyak tempat di Jawa, semua bisa kamu dapati dalam kemasan berbeda di kota antara Semarang dan Surakarta ini. Berudara sejuk, lantaran tepat berada di kaki Gunung Merbabu, Salatiga siap jadi opsi destinasi yang menarik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet tempat untuk memperoleh kejutan-kejutan manis di Salatiga.

Air Terjun Umbul Songo, Salatiga, Jawa Tengah. (Sumber Foto: ardiyanta.com)

Air Terjun Umbul Songo. Sarat akan nuansa alami nan tak terelakkan, bingkai panorama dengan kungkungan pepohonan hijau, serta udara sejuk yang bisa dirasakan sedari menjejak di kawasan Air Terjun Umbul Songo kiranya bisa jadi sedikit alasan untuk singgah.

Air terjun dengan tinggi tak kurang dari 15 meter ini terbilang masih sepi pengunjung karena letaknya yang cukup jauh dan tersembunyi. Terdapat beberapa cara untuk mencapai air terjun yang berada di ketinggian 1.450 meter di atas permukaan air laut tersebut, yakni dengan mengendarai kuda atau sesederhana berjalan kaki untuk menikmati panorama alam sekitar lebih lama.

Bukit Cinta dan Harmoni Panorama Ketinggian

Bukit Cinta. Tempat ini sebenarnya tak secara tepat berada di wilayah Salatiga, melainkan Ambarawa. Namun karena lokasi yang begitu dekat, tak sedikit pelancong yang memasukkan Bukit Cinta ke dalam daftar destinasi wajib ketika traveling ke Salatiga.

Bukit Cinta, Ambarawa, Jawa Tengah. (Sumber Foto: panoramio.com)

Adalah Bukit Cinta, tempat di mana kamu bisa menikmati cantik panorama ketinggian dengan bebatan udara sejuk tepat di luar kulit. Di sini, kamu bisa duduk santai sambil terpukau pemandangan yang eloknya tiada dua.

Kopeng Treetop Adventure Park. Berada  di lereng Gunung Merbabu, taman ini berbaring di ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan air laut. Jadi, jangan heran kalau udaranya sangatlah segar dan sejuk. Deretan pinus yang jarang-jarang pun menambah nuansa kerasan.

Kopeng Treetop Adventure Park, Salatiga, Jawa Tengah. (Sumber Foto: rockabilly_sinatra/Instagram) 

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, Kopeng Treetop Adventure Park merupakan tujuan wisata yang menyenangkan. Pengunjung biasanya datang dalam kelompok besar, jadi kalau tak ingin terlalu ramai, hindari hari libur dan akhir pekan.

Wisata Sejarah di Salatiga

Cagar Budaya Prasasti Plumpungan. Tak hanya mengandalkan panorama alam nan elok, Salatiga juga bisa jadi destinasi wisata sejarah yang menarik. Kalau tak percaya, datang saja ke  Cagar Budaya Prasasti Plumpungan.

Cagar Budaya Prasasti Plumpungan, Salatiga, Jawa Tengah. (Sumber Foto: tempatwisataunik.com)

Adalah batu tulis berbahasa Sansekerta berbunyi Shir Astu Swasti Prajabyah yang artinya semoga selamat dan sejahtera rakyat sekalian. Di samping keberadaan prasasti, wilayah di sekitar Plumpungan dikenal juga sebagai pusat penghasil batik.

Wisata kuliner di Salatiga. Melengkapi perjalanan yang sudah begitu menyenangkan, jangan melewatkan kesempatan berwisata kuliner di Salatiga. Memulai petualangan, kamu bisa mencicip kuliner lezat di sepanjang Jalan Fatmawati dan Jenderal Sudirman.

Ronde Mak Pari, Salatiga, Jawa Tengah. (Sumber Foto: ifni18/Instagram)

Kalau ingin makanan khas Salatiga, kamu bisa datang ke warung Ronde Mak Pari dan Ronde Jago. Uniknya, warung yang buka mulai pukul dua siang tersebut memberi tambahan bahan berupa pacar cina, irisan manisan tangkeh yang terbuat dari buah blingo, dan kulit jeruk. Jadi, kapan mau ke Salatiga?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading