Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Chicken Wings with Thai Sauce

Fimela.com, Jakarta Saat berbuka puasa, kamu pasti memilih menu buka puasa yang segar. Salah satunya yakni berupa minuman dingin. Padahal, untuk mendapatkan santapan segar, nggak cuma bisa didapat dengan minuman dengan es. Namun, juga bisa kamu dapatkan dari makanan. Seperti makanan berikut ini, nih.

Chicken wings with Thai sauce! Mungkin kata 'sauce' kedengarannya bakal terasa pedas. Eits, tapi saus yang ini beda, lho. Ditambah dengan air jeruk nipis, saus Thailand jadi memiliki cita rasa asam yang bikin kamu tambah segar saat berbuka puasa. Belum lagi taburan mangga muda dan mentimun di atasnya. Dijamin segarnya bakal kamu rasakan secara maksimal. Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak resep dari Chef Arum Sari untuk Bintang Tasty berikut ini.

Chicken wings with Thai sauce. (Fotografer: Adrian Putra/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

12 buah sayap ayam, potong 2
3 siung bawang putih, parut
1 sdt jahe parut
½ sdt garam
1 putih telur, kocok
100 g tepung kanji/sagu
Minyak goreng
75 g daging mangga mengkal, iris bentuk korek api
75 g mentimun, buang biji, iris bentuk korek api
2 buah cabai merah besar, buang biji, iris bentuk korek api
Daun ketumbar, untuk hiasan

Saus thai:
2 sdm minyak zaitun
3 siung bawang putih, cincang
100 g bawang bombai, cincang
1 sdm akar/batang ketumbar cincang
2 sdm gula palem
100 ml saus pedas thailand
2 sdm air jeruk nipis
1 sdm kecap ikan/nam pla
200 ml air
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

Chicken wings with Thai sauce. (Fotografer: Adrian Putra/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

1. Aduk sayap bersama bawang putih, jahe, dan garam, lalu lumuri dengan putih telur sampai rata. Gulingkan ke dalam tepung sagu hingga rata.
2. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, goreng sayap secara bertahap hingga berwarna kuning kecokelatan dan renyah, angkat, tiriskan.
3. Saus: Panaskan minyak zaitun dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, tambahkan akar ketumbar dan gula palem, aduk hingga gula larut dan saus agak mengental. Masukkan saus pedas, jeruk nipis, kecap ikan, air, dan larutan tepung maizena masak sambil diaduk hingga mendidih dan mengental, angkat.
4. Taruh sayap ayam goreng di atas piring saji, tebarkan mangga, mentimun, dan cabai di atasnya. Tuangi saus, taburi daun ketumbar. Sajikan segera.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading