Sukses

Lifestyle

3 Kebiasaan Cewek Menjelang Lebaran yang Bikin Bokek

Fimela.com, Jakarta Menjelang Hari Raya Lebaran, pasti ada banyak banget keperluan. Mulai dari menyiapkan uang angpao, hingga menyiapkan makanan untuk sajian khas Lebaran. Semuanya nggak murah, girls. Apa lagi, banyak orang yang ingin punya baju baru di Hari Raya. 

Nah, makanya, nggak heran kalau setelah Lebaran, uangmu menjadi habis dan harus mengulang lagi untuk menabung. Kalau setiap tahun seperti ini, sepertinya, kesehatan keuanganmu nggak akan membaik. Soalnya, kesehatan keuangan itu, kan, nggak cuma pada saat sekarang kamu punya uang. Tapi, juga pada saat kamu tua nantinya. 

Supaya kamu nggak kehabisan uang usai Lebaran, lebih baik kamu kurangi beberapa kebiaasaan atau pengeluaran menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

1. Belanja baju baru boleh-boleh saja, lho. Tapi, kamu juga harus tahu batasan. Sebaiknya, kamu buat budget belanja baju baru. Misalnya, kamu nggak akan menghabiskan uang lebih dari Rp500 ribu buat baju baru Lebaran. Nah, kamu mesti konsisten. Meskipun diskon besar, dan barangnya bagus, lebih baik kamu nggak beli kalau jumlah uang yang kamu keluarkan lebih dari budget. 

Situs E-Commerce Bikin Belanja Lebaran 2015 jadi Mudah dan Nyaman | via: id.theasianparent.com

2. Selain itu, kamu juga harus menghitung semua kebutuhan menjelang Lebaran. Misalnya, kamu butuh memberi sedikit uangmu untuk Mama memasak semur dan menu Lebaran. Nah, kira-kira kamu memberikan Rp300 ribu. Setelah itu, angpao untuk adik-adik dan juga keperluan lainnya. Pastikan, semua kebutuahnmu itu nggak lebih dari uang THR. 

3. Kalau bisa, uang THR saja yang kamu gunakan untuk keperluan Lebaran. Sehingga, gajimu utuh dan bisa kamu gunakan untuk ongkos dan keperluan sehari-hari. Serta, jangan lupa menabung. Tapi, kamu harus ingat ya, THR itu kalau bisa nggak semuanya kamu pakai. Sisihkan sedikit untuk menambahkan tabunganmu, girls. 

Bagi-bagi uang receh buat THR. (Via: soulofjakarta.com)

Nah, intinya, pada saat menjelang Lebaran cobalah untuk menahan keinginan untuk membeli semua barang, termasuk kue-kue khas Lebaran. Kalau nggak perlu, ya nggak usah dibeli. Lebih baik gunakan uangnya untuk membantu orang yang sedang kesusahan, atau ditabung. 

Ingat juga, jangan lupa dengan perencanaan jangka panjang. Kamu mungkin ingin pergi keluar negeri, atau meneruskan pendidikan. Nah, uang yang kamu miliki ini, juga harus kamu tabung untuk tujuan dan cita-citamu. Makanya, jangan sampai dihabiskan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading