Sukses

Lifestyle

Ini yang Bakal Terjadi Kalau Kamu Nabung 20 Ribu Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Ada banyak orang yang buku tabungan dan celengan di rumah. Tapi, nggak semua orang isi celengan dan tabungannya semakin bertambah dari bulan ke bulan. Padahal, mereka sudah membuka akun bank atau membeli celengan dengan niat untuk mengumpulkan uang

Rasanya, mengumpulkan uang itu sangat-sangat sulit. Banyak orang yang akhirnya mengandalkan trik-trik khusus supaya semua gaji mereka nggak habis untuk membeli barang yang nggak dibutuhkan. 

Mulai dari langsung menabungkan uangnya saat terima gaji, hingga meninggalkan kartu debitnya di rumah. Soalnya, mereka takut banget kalau uang yang sudah mereka tabung akhirnya terambil lagi untuk urusan yang nggak terlalu penting. 

Menabung jadi salah satu cara menyelamatkan keuanganmu di hari tua | via: mainstreet.com

Akhirnya, tabungan mereka nggak bertambah, dan bahkan berkurang dari bulan ke bulan. Sampai akhirnya kamu harus memulai lagi dari awal. Nah, kalau sudah begini, kamu sendiri yang akan repot. Soalnya, kamu akan membutuhkan tabungan di masa depan untuk pendidikan, berkeluarga, dan juga menikmati masa tua. 

Sebenarnya, Forbes menulis, nggak menabung sebulan sekali juga nggak masalah. Banyak orang yang nggak bisa menabung tiap bulan karena keperluannya begitu banyak, dan mereka juga nggak terlalu konsisten untuk memisahkan uang tabungan dari gaji utuh mereka. 

Forbes menulis, kamu sebenarnya bisa menabung dengan jumlah uang yang sedikit, tapi setiap hari. Kalau di Amerika Serikat, banyak cewek yang puasa belanja. Dan, setiap kali menemukan uang logam dari kembalian, mereka selalu memasukkannya ke dalam celengan. Mereka biasanya menuliskan tujuan dari tabungan itu, dan kapan waktu yang tepat untuk membukanya.

Jangan anggap remeh kemampuan mengatur kemampuan 3 zodiak ini. (Via: time.com)

Selain itu, para cewek di Negeri Paman Sam ini juga mengurangi minum kopi di kafe. Mereka memilih untuk membuat kopi sendiri di rumah. Nah, uang jatah kopi tadi nggak mereka belanjakan, tapi mereka masukkan lagi ke celengan. 

Sebenarnya, ini hampir sama dengan konsep menabung harian, dengan jumlah uang kecil. Kamu mungkin bingung, kalau menabung harian, apakah nantinya bakal terkumpul banyak? Ini semua tergantung dari jumlah uang yang kamu tabung setiap hari. 

Kalau kamu menabung Rp5 ribu per hari, dalam 30 hari, kamu cuma mengumpulkan Rp150 ribu. Nah, jumlah ini terlalu sedikit, kan? Kalau Rp10 ribu, kamu cuma punya Rp300 ribu. Nah, majalah Inc menulis, menabung harian itu paling baik adalah dengan memilih jumlah uang dan jangka waktu hitungan yang tepat. Kalau Rp5-10 ribu masih kurang, kenapa nggak menabung Rp20 ribu sehari? Soalnya, kalau lebih dari itu, kamu juga akan merasa sayang karena terlalu banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap hari. 

4 Cara Mudah untuk Berhemat Agar Bisa Menabung dan Jadi Kaya | via: financeandflipflops.com

Tapi, jangan hitung 30 hari, girls. Karena menabung itu, kan, untuk jangka panjang. Paling nggak, 6 bulan, lah! Dalam waktu setengah tahun, kamu bakal mengumpulkan Rp3.600.000, lho! Memang, sih, nggak banyak-banyak banget. Tapi ini lumayan buat kamu yang kurang bisa menabung dengan konsisten dan memisahkan gaji untuk ditabung

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading