Sukses

Lifestyle

Resep Enak: Semur Ayam Saus Tiram dengan Jamur Kancing

Fimela.com, Jakarta Rendang dan opor ayam adalah dua dari sekian banyak hidangan menggoda yang selalu hadir saat Lebaran tiba. Hmmm, meskipun enak, tapi ada saat di mana kamu pasti akan bosan jika selalu makan dengan lauk yang itu-itu saja, bukan? Makanya sekarang, mumpung weekend kamu bisa mencoba menu baru, yakni Semur Ayam Saus Tiram dengan Jamur Kancing.

Dari namanya saja kelihatan sudah sangat menggiurkan apalagi kalau hidangan tersebut sudah benar-benar ada di meja makan, tinggal tambah nasi panas. Yummy, kamu pasti lupa sama yang namanya diet. Terus apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Mudahnya kamu bisa melihat video di bawah ini.

Pertama-tama yang harus kamu lakukan ada lumuri ayam dengan jeruk nipis, hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Laku aduk hingga merata dan diamkan selama 10 menit. Selagi menunggu kamu bisa mempersiapkan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan, yakni bawang merah, bawang putih, kemiri dan jahe.

Kalau capek ngulek sendiri, kamu bisa menghaluskan bumbu-bumbu tersebut dengan blender kok, jangan khawatir karena rasanya akan tetap enak. Bahan-bahan lainnya yang juga kamu butuhkan untuk membuat Semur Ayam Saus Tiram dengan Jamur Kancing bisa lihat di bawah ini ya.

500 gram paha ayam

1 buah jeruk nipis

3 cm jahe

4 siung bawang putih, diiris tipis-tipis

6 butir bawang merah, diiris tipis-tipis

3 lembar daun salam

2 buah tomat, diparut

1 kaleng jamur kancing

Resep Enak: Semur Ayam Saus Tiram dengan Jamur Kancing. (Foto: Vidio.com/@masaktv)

6 sendok makan kecap manis

3 sendok makan saus tiram

3 butir cengkeh

4 butir kemiri, disangrai dan dihaluskan

1000 ml (1 liter) air

5 sendok makan minyak untuk menumis

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula merah sisir

1/2 butir pala, diparut

Cara membuat:

1. Potong paha ayam masing-masing menjadi 4 bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis lalu diamkan 10-15 menit.

2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu lalu tambahkan daun salam, jahe, kemiri, tumis hingga harum.

3. Masukkan ayam, tumis hingga berubah warna dan tidak berair sampai berwarna kecokelatan. Kemudian silahkan tambahkan tomat, cengkeh, pala, kecap manis, saus tiram, garam dan gula merah.

4. Tuangkan air, masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental lalu masukkan jamur. Masak sebentar lalu diangkat. Selesai dan masakan Semur Ayam Saus Tiram Dan Jamur Kancing siap disajikan bisa untuk 4 porsi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading