Sukses

Lifestyle

Minta Maaf Pakai Bahasa Inggris, Afi Nihaya Dianggap Menjiplak

Fimela.com, Jakarta Sebelum ada kabar soal menjiplak atau plagiat, siapa yang tak suka dengan tulisan-tulisan Afi Nihaya Faradisa? Siswa SMA Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur tersebut sempat menjadi viral lantaran tulisan-tulisannya yang dikenal sangat cerdas, berbeda dari tulisan-tulisan yang di-posting oleh remaja seusianya.

Namun gara-gara kasus plagiat, kini banyak netizen yang mengaku kecewa, meskipun Afi Nihaya sudah menuliskan permintaan maafnya di Facebook yang diunggah pada 11 Juni, pukul 18.54 WIB. Dalam permintaan maafnya ia menuliskan,”Ini adalah permintaan maaf saya, Afi Nihaya Faradisa, pada semua pihak yang merasa dirugikan atas perbuatan saya yang telah mengutip beberapa paragraf untuk dijadikan status tanpa mencantumkan sumber.”

Dan kini Afi Nihaya pun membuat heboh lagi, lantaran video permintaan maafnya dianggap plagiat juga. Dalam video berjudul “AFI NIHAYA – Forgive my honest opinion” yang diunggah oleh akun Sabila Mayangsari ke YouTube, netizen melihat bahwa kata-kata yang diucapkan oleh Afi Nihaya mirip dengan yang diucapkan Amanda Todd dalam video yang sudah diunggah sejak 2012 lalu.

Mengetahui hal tersebut netizen pun akhirnya banyak yang mengungkapkan kekecewaannya. “Dasar plagiator sampek2 curhatannya saja dia nyontek dari curhatan orang lain, kan sue** nih anak malu-maluin bangsa Indonesia,” tulis Mustfa Gidnah dalam kolom komentar video yang diunggah oleh Sabila Mayangsari.

Kekecewaan juga diungkapkan oleh akun Ira Haze. “Masalahnya netizen udah capek kamu bohongin melulu. Bilang sekali plagiat, pake sumpah segala pula. Nyatanya diulangin lagi dan lagi. Ga ada kerendahan hati untuk meminta maaf secara tulus tanpa mencoba mencari pembenaran. Tulis aja memohon maaf atas kesalahan-kesalahan yg telah diperbuat karena mengkhianati kepercayaan kalian semua. Udah itu aja. Ga perlu sampe harus pake embel-embel penuh drama kamu jadi korban kebencian lah, hanya anak 18 tahun yg memiliki hobby berbeda dari remaja kebanyakan dsb.”

Lalu siapakah Amanda Todd yang kata-katanya di plagiat oleh Afi Nihaya? Dilansir dari berbagai sumber, Amanda Todd merupakan gadis asal Kanada yang melakukan aksi bunuh diri di rumahnya di Port Coquitlam, British Columbia, Kanada, karena sudah tak tahan di-bully oleh masyarakat dunia maya. Amanda Michelle Todd bunuh diri saat usianya masih 15 tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading