Sukses

Lifestyle

5 Tips Dasar bagi Para Cewek yang Mau Liburan Hemat

Fimela.com, Jakarta Kian populernya traveling membuat kegiatan yang satu ini jadi mungkin dilakukan dengan lebih banyak pilihan. Pergeseran persepsi pun kerap terjadi. Dulu, liburan identik dengan mahal, tapi sekarang kamu punya ragam cara untuk membuatnya jadi jauh lebih terjangkau.

Secara umum, budget traveling bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni transportasi dan biaya hidup selama berada di destinasi tujuan. Boleh juga jadi tiga, yakni ditambah pengeluaran belanja bila kamu memang ingin. Kalau sudah tahu klasifikasi yang demikian, maka upaya berhemat pun kiranya jadi tak terlalu sulit untuk dilakukan.

Tak perlu terlalu rumit, berhemat bisa dilakukan dari ragam hal mendasar soal perjalanan yang akan dilakoni. Jangan menganggapnya sulit dan akan membuat traveling jadi tak menyenangkan. Dengan biaya yang lebih terjangkau, kamu pun bisa melakoni perjalanan seru dan mendapat deretan pengalaman tak terlupakan.

Penentuan destinasi. Dari banyak faktor yang memengaruhi, pemilihan destinasi adalah satu faktor krusial. Hemat-tidaknya tak bisa dipukul rata. Kamu harus tahu benar rata-rata pengeluaran turis di tempat tersebut. Sesederhana tak menyamakan standar kunjungan ke Vietnam dengan Singapura. Sesuaikanlah dengan seberapa banyak uang yang ingin kamu keluarkan di perjalanan kali ini.

Liburan hemat, yuk! (Sumber Foto: fdevena/Instagram)

Buat budget perjalanan. Mungkin terkesan merepotkan, tapi membuat perencanaan pengeluaran merupakan satu cara efektif untuk berhemat. Anggap saja begini, kamu jadi tahu mana yang dibutuhkan selama traveling, mana yang semata jadi keinginan. Sebelum berpikir jauh dan melangkah ke hal-hal lain, buatlah budget perjalananmu.

Kapan Kamu Akan Pergi?

Liburan hemat, yuk! (Sumber Foto: owlcturnal/Instagram)

Perhatikan waktu pergi. Biaya transportasi dan akomodasi bisa menanjak tajam di musim liburan. Tiap destinasi punya periode berbeda. Usahakan tak datang di waktu-waktu itu. Selain menekan biaya perjalanan ke tingkat minimal, kamu juga berkesempatan merasakan sensasi yang tak disesap banyak turis.

Liburan hemat, yuk! (Sumber Foto: kamabtara/Instagram)

Sesuaikan dengan itinerary. Tak mungkin kan kamu merencanakan agenda tak sesuai budget? Karena memegang kendali tersebut, sesuaikan pengeluaran dengan susunan itinerary. Jangan buat jadwal perjalanan yang tak masuk akal. Tenang, banyak tempat di Bumi yang bisa dikunjungi dengan murah, bahkan gratis kok. Kamu hanya perlu riset saja.

Liburan hemat, yuk! (Sumber Foto: alexandriamenthe/Instagram)

Disiplin. Semua perencanaan yang sudah matang itu bisa saja ambyar dalam hitungan detik kalau kamu tak disiplin. Maka, patuhilah hampir semua yang sudah kamu perkirakan. Menahan diri untuk tak membeli satu-dua barang lucu memang sulit, namun kamu masih punya banyak tempat yang ingin disambangi. Jadi girls, kamu juga bisa liburan hemat kok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading