Sukses

Lifestyle

Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan kalau Ingin Menikah Muda

Fimela.com, Jakarta Menikah muda sepertinya menjadi impian banyak sekali pasangan di generasi millennial sekarang ini. Alasan yang melatarbelakangi berbeda-beda. Ada yang ingin "pacaran halal", ada yang ingin memiliki anak dengan usia nggak berbeda jauh dengan anaknya nanti, ada juga yang simply karena nggak sabar aja mau ke tahap itu.

Sebagian mungkin terpengaruhi lingkungan. Banyak orang di sekitarnya atau teman-teman sebayanya yang menikah muda, juga adanya tuntutan dari orang tua, menjadi alasan yang paling banyak ditemui ketika para pasangan ditanya soal penyebabnya ingin menikah muda. Kenapa sih menikah karena faktor dari luar? Yang menjalani kan pasangan itu sendiri, ya.

Well, apapun alasannya, menikah adalah sebuah hal baik. Jika memang ada jalannya, kenapa nggak? Menikah muda juga sama sekali nggak salah. Hanya saja, mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin menikah muda.

1. Soal biaya

Hal yang harus diperhatikan kalau ingin menikah muda. (Foto: pexels.com)

Tidak semua pasangan muda memiliki tingkat kemapanan finansial yang mumpuni untuk mewujudkan sebuah pernikahan, terutama jika mereka memiliki pernikahan impian yang cukup mewah. So, saat kamu berada di posisi tersebut, bicarakan soal biaya kepada pasanganmu. Bagaimana kalian memenuhinya, apa perlu pembagian atau bagaimana. Setelah itu, diskusikan juga dengan kedua orang tua agar rencananya matang.

2. Rencana berumah tangga

Hal yang harus diperhatikan kalau ingin menikah muda. (Foto: pexels.com)

Misal, di mana kalian akan tinggal setelah menikah. Lalu bagaimana soal karier atau pendidikan kalian, bagaimana rencana selanjutnya setelah menikah agar waktunya tetap kondusif antara pribadi dengan rumah tangga. Nggak cuma itu, bahas juga soal rencana momongan, soal keuangan, tabungan rutin, dan segala hal. Di waktu seperti ini, kalian harus mulai kehidupan dengan serba terencana. Agar dari "sedikit" modal yang kalian punya, hasilnya bisa tetap maksimal.

3. Kenali pasanganmu lebih jauh

Hal yang harus diperhatikan kalau ingin menikah muda. (Foto: pexels.com)

Jangan terburu-buru memutuskan menikah sekalipun kamu dan dia sudah sama-sama yakin. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk saling mengenal satu sama lain seakan kamu baru mengenal pacarmu kemarin. Perhatikan bagaimana caranya memperlakukan orang lain, bagaimana caranya menyelesaikan masalah, bagaimana caranya meredakan amarah, dan lain-lain. Hal-hal itu harus kamu mengerti sebelum menikah, agar setelah menikah nanti nggak ada alasan "dia berubah" atau "nggak cocok" kalau kaget dengan sifatnya.

Nggak ada yang perlu dipaksakan selama perjalanan menuju pernikahan. Manfaatkan saja waktu yang ada sebaik-baiknya, untuk menjadi dan memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan juga pasanganmu. Perhatikan hal-hal vital tersebut saat kamu berkeinginan untuk menikah muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading