Sukses

Lifestyle

Benarkah Menabung Rp20 Ribu Efektif?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjadi kaya. Selain bekerja keras dan meningkatkan penghasilan, menabung menjadi dasar untuk menjadi kaya. Itu memang benar, meski nggak gampang untuk dilakukan. Saking sulitnya, banyak orang yang mencari cara untuk 'memaksa' diri mereka buat menabung. 

Mulai dari trik menabung dengan ditetapkannya tanggal, hingga menabungkan setiap uang lembaran Rp20 ribu. Metode ini ternyata bukan metode baru. Sudah banyak orang-orang yang melakukannya dan dalam beberapa tahun, mereka kerap membagikan foto uang pecahan Rp20 ribu yang sudah mereka kumpulkan selama itu ke teman-teman dan keluarga lewat media sosial. 

Cara ini lantas menjadi hype banget dan mengundang semakin banyak orang yang mau mencoba cara ini. Tapi, apakah efektif dan benar-benar bisa bikin kamu kaya?

Tabungan 20 ribu setelah berhenti merokok. | Sumber Foto: facebook.com/Dita Sari Wootekh

Ternyata cara yang serupa juga sudah banyak dilakukan orang-orang di luar negeri. Seperti di Amerika Serikat, setiap menemukan koin 10 sen, mereka harus menaruhnya ke sebuah celengan di rumah. Hingga celengan penuh, tabungan itu nggak pernah dia ambil dan gunakan. 

Tapi ternyata, dilansir dari Forbes, cara ini efektif untuk tujuan tertentu. Kalau untuk menabung pergi berlibur, bisa. Atau juga untuk menambah biaya pendidikan di masa depan. Sementara, kalau untuk investasi atau menjadi kaya, ternyata cara ini nggak cocok. 

Ilustrasi nabung | Via: bogota.gov.co

Soalnya, Forbes menulis, untuk menjadi kaya raya, harus ada banyak faktor lain. Salah satunya, pendapatan yang meningkat. Juga, harus ada faktor investasi. Mungkin cara mengumpulkan uang pecahan Rp20 ribu cocok untuk tujuan lain, yang sifatnya lebih ke jangka pendek. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading