Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Kuliner Banyuwangi yang Bikin Kamu Lupa Diet

Fimela.com, Jakarta Mengafdalkan kunjungan, kamu mesti mencicip kuliner lokal saat traveling, tak terkecuali saat singgah di Banyuwangi. Seperti kebanyakan wilayah di Indonesia, kawasan di ujung paling timur Jawa ini juga punya sajian khas yang tak boleh kamu lewatkan.

Bisa jadi agenda menarik di sela-sela menikmati panorama sunrise of Java, kamu bisa berburu ragam makanan unik nan menggugah selera yang mungkin tak akan bisa ditemukan di luar Banyuwangi. Sambil menikmati suasana sekitar yang begitu syahdu dan santai makanan-makanan ini bisa jadi kawan yang membuat perjalanan makin menarik.

Mulai dari rujak soto sampai sego cawuk, kamu bisa mencicip kuliner dengan ragam rasa, termasuk asam, manis, dan pedas. Kalau sudah bertemu dengan kuliner-kuliner ini, bukan tak mungkin kamu jadi lupa diet. Bisa ditemui dengan mudah dan menyebar di seantero kota, jangan sampai kamu melewatkan kuliner nan menggugah selara, sebagaimana dimuat dari berbagai sumber, Jumat (4/8/2017), ketika traveling ke Banyuwangi.

Rujak soto. Namanya saja sudah menarik ya? Mungkin akan terbayang sedikit aneh, tapi rasa kuliner ini benar-benar nagih. Wajar bila rujak soto adalah salah satu sajian khas Bayuwngi yang banyak diburu pelancong. Bayangkan, kamu bisa menyantap soto daging plus rujak cingur dalam satu mangkok. Terdapat beberapa penjaja memang, namun salah satu yang terkenal adalah di Pondok Rujak Soto, Jalan Basuki Ahmad, Banyuwangi.

Ayam Pedas Rantinem, kuliner Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber Foto: meican1808/Instagram)

Ayam Pedas Rantinem. Buat kamu yang suka pedas, haram hukumnya melewatkan makanan ini. Sudah terkenal di seluruh penjuru Banyuwangi, kuliner ini biasa disajikan dengan kuah super pedas, juga gurih. Pedasnya itu enak banget. Saking nikmat, kamu mungkin nggak terasa terus makan dan akhirnya habis tanpa disadari. Lokasinya ada di belakang Kantor Pos Terminal Lama Banyuwangi.

Cita Rasa Sego Cawuk yang Unik

Sego cawuk, kuliner Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber Foto: mas.pontjocandid/Instagram)

Sego cawuk. Nasi yang disajikan dengan kuah dari parutan kelapa muda, juga jagung muda bakar. Lebih nikmat, makanan ini akan dicampur dengan timun, serta cabai dan asem. Soal lauk, kamu bisa memilih ikan asin, pepesan ikan laut pedas dan telur ayam atau itik rebus. Sego cawuk Mak Mantih yang berlokasi di samping Gedung Wanita di Dusun Prejengan jadi favorit.

Sop kesrut, kuliner Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber Foto: nduk_anies/Instagram)

Sop kesrut. Sop ayam yang disajikan dengan kaldu kental dan pedas ini biasanya disantap bersama nasi, ayam goreng kampung, dan sambal tempong. Jangan berani memakanan kuliner ini kalau kamu nggak kuat pedas. Cukup langka, kamu bisa datang ke Dusun Krajan Desa Segobang, kecamatan Licin Banyuwangi untuk menyantap kuliner yang satu ini.

Sego tempong, kuliner Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber Foto: gandha_himawan/Instagram)

Sego tempong. Nasi hangat yang disajikan dengan lalapan sayur bayam, kemangi, timun, serta aneka lauk seperti tekur dadar, ayam goreng, jeroan ayam, tempe, tahu dan pepes ikan membuat kuliner ini nikmat disantap. Tapi, satu yang nggak boleh terlewat adalah sambal terasinya yang nendang abis. Jadi, pastikan kamu mencicip kuliner ini ketika berada di Banyuwangi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading