Sukses

Lifestyle

Pendidikan Seks untuk Anak Sesuai Usia Agar Terhindar Pedofilia

Fimela.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan seks adalah hal yang tabu. Kendati demikian, hal tersebut penting untuk diajarkan pada anak untuk terhindar dari pedofilia. Jangan asal diajarkan, kamu perlu tahu tahapannya, lho!

Dilansir dari KlikDokter, dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid menuliskan bahwa ada banyak cara agar edukasi mengenai seks bisa diterima dengan baik dan tepat oleh anak. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan dengan usia si buah hati.

Misalnya, anak usia 0-2 tahun. Pada usia ini anak-anak bisa dilatih untuk mengerti nama dan setiap bagian tubuh termasuk bagian kelamin. Sebaiknya kamu mengajarkan anak mengenali istilah penis, vagina, lubang kencing serta anus sesuai dengan namanya.

Jadi, hindarilah istilah kiasan seperti 'burung' dan sebagainya dengan alasan untuk membuatnya lebih 'halus' terdengar. Hal tersebut tentu saja miliki tujuannya sendiri. Dengan kamu mengajari anak nama yang sesuai, berarti sama dengan memberikan persepsi bahwa menyebutkan kelamin adalah hal yang wajar bukan tabu.

Memberikan pendidikan seks pada anak bisa membuatnya terhindar dari pedofilia. Ini tahapan yang bisa diajarkan sesuai dengan usia. (Sumber Foto: Mamiverse)

Selain itu anak juga perlu mengenali perbedaan laki-laki dan perempuan untuk membantunya mengatur prilaku di masa mendatang. Baca cara memberi pendidikan seks pada anak sesuai usia agar terhindar dari pedofilia lebih lengkap di sini.

What's On Fimela
Loading