Sukses

Lifestyle

Ini Dalang di Balik Saracen, Kelompok Penyebar Isu SARA

Fimela.com, Jakarta Isu soal Saracen mulai merebak sejak muncul kasus meme yang mengandung unsur kebencian dan SARA. Meme tersebut tersebar melalui media sosial, khususnya Facebook. Meme tersebut ternyata berasal dari sebuah kelompok bernama Saracen. 

Meresahkan dan menimbulkan kebencian, Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri kemudia mengusut kasus ini. Dilansir dari Liputan6, akhirnya tiga anggota Saracen berhasil ditangkap. Mereka adalah JAS (32), MFT (43), dan SRN (32) yang bekerja secara terstruktur dan sistematis. 

Kasubdit 1 Dit Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Irwan Anwar, mengatakan kalau ketiganya, sejak 2015, memiliki peran atau tugas masing-masing, layaknya sebuah organisasi biasa. "Kelompok Saracen memiliki struktur sebagaimana layaknya organisasi pada umumnya dan telah melakukan aksi sejak November 2015," katanya pada Rabu (23/8). 

Tiga tersangka kasus penyebaran ujaran bernada kebencian lewat internet digiring polisi saat rilis di Jakarta, Rabu (23/8). Tiga tersangka masuk dalam satu kelompok. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berdasarkan hasil pemeriksaan, struktur keanggotaan dan tugas masing-masing pelaku pun berhasil diketahui. Dilansir dari Liputan6, JAS merupakang kepala di antara mereka bertiga. Sementara MFT, merupakan koordinator bidang media dan informasi. SRN, koordinator grup wilayah. 

Meskipun mereka bertiga bekerja bersama-sama, ketiganya ditangkap secara terpisah. JAS ditangkap di Pekanbaru, Riang, pada 7 Agustus lalu. Sebelumnya, MFT sudah terciduk di kawasan Koja, Jakarta Utara, pada 21 Juli. Dan SRN ditangkap di Cianjur, Jawa Barat pada 5 Agustus lalu. 

Salah satu tersangka kasus penyebaran ujaran bernada kebencian lewat internet digiring polisi usai rilis di Jakarta, Rabu (23/8). Tiga tersangka masuk dalam satu kelompok. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain membuat meme, Saracen ternyata juga mengelola sejumlah website dan media massa. Media tersebut mereka gunakan untuk melancarkan aksi kejahatannya. Salah satu media online yang mereka miliki adalah Saracennew dot com. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading