Sukses

Lifestyle

Overdosis Air Putih, Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Air putih merupakan minuman yang nggak boleh absen untuk dikonsumsi setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar komponen tubuh terdiri air. Jika demikian, apakah benar manusia bisa overdosis air putih?

Dilansir dari KlikDokter, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menuliskan bahwa overdosis air putih adalah suatu kondisi yang bisa menyebabkan gangguan pada keseimbangan elektrolit tubuh. Kondisi terebut menyebabkan kadar natrium dalam tubuh menurun drastis.

Natrium adalah komponen yang berperan penting menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika tubuh kekurangan natrium cairan yang ada di dalam tubuh bisa tertarik ke dalam sel otak, misalnya.

Kondisi itu disebut dengan hiponatremia. Jika terjadi dalam kadang ringan, biasanya belum menimbulkan gejala. Namun dalam kondisi yang parah, hal tersebut dapat menyebabkan penderitanya merasa kebingungan, mual, muntah, kejang, hingga kematian.

Minum air putih yang cukup. (Via: mltblog.com)

Jadi, untuk menjaga agar tubuh nggak dehidrasi dan overdosis air, pahamlah tubuh. Jika dalam keadaan haus, maka minumlah air putih sebanyak yang dibutuhkan tubuh. Baca artikel selengkapnya di sini, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading