Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Kuliner Maumere, Kamu Pasti Mau Coba yang Nomor 4!

Fimela.com, Jakarta Pesona Maumere akan terasa sempurna bila di antara agenda menjelajah lanskap-lanskap memukau, kamu juga mencicip ragam kuliner khas. Bukan fakta baru, kamu mungkin juga sudah sangat sadar kalau tiap daerah di Indonesia punya makanan lokal yang cita rasanya begitu nikmat nan unik, tak terkecuali salah satu kawasan di Kabupaten Sikka tersebut.

 

Seperti wilayah pesisir lain, kamu pun tak ingin melewatkan berbagai hidangan laut di sini. Bahan-bahan segar itu akan disajikan bersama deretan bumbu khas yang menjadi identitas lain Maumere. Membayangkannya saja sudah sanggup bikin ngiler ya? Tapi, tawarannya tak berhenti di situ, lantaran wilayah ini masih punya sajian lain yang tak kalah menggiurkan.

Mulai dari gurih, sedikit manis, asam nan segar, hingga pedas, semua bisa kamu cicip di Maumere. Jadi, kalau singgah, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba ragam sajian khas nan lezat ini. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (28/8/2017), berikut rekomendasi kuliner Maumere yang lezatnya sulit ditolak.

Wogi. Sebelum yang lain, katanya wogi mesti jadi pembuka ritual makan makanan khas Maumere. Kuliner ini berbahan utama ikan teri merah yang hanya muncul di perairan Paga dan sekitarnya pada bulan Oktober sampai Desember. Setelah ditangkap, ikan teri merah ini diawetkan dengan cara di campur garam, lalu dibiarkan selama tiga sampai tujuh hari. Setelah itu, baru bisa dicampur dengan bahan lain seperti cabai, kecap, dan kemangi.

Rumpu Rampe, kuliner Maumere, Flores, NTT. (Sumber Foto: sherly_katili/Instagram)

Rumpu Rampe. Merupakan makanan khas Maumere yang paling populer, kamu pasti tak ingin melewatkan kesempatan mencicip kuliner ini! Terbuat dari daun pepaya, buah pepaya yang masih mentah, bunga pepaya, dan jantung pisang rasa makanan ini sedikit pahit. Tapi, rasanya jadi luar biasa nikmat ketika sudah dipadukan dengan udang rebon. Penyajian rumpu rampe biasanya menggunakan jagung bose, maupun nasi putih.

Lezatnya Ohu Ai Pungan

Ohu Ai Pungan. Tak hanya Maumere, kuliner ini sebenarnya merupakan makanan tradisional masyarakat Kabupaten Sikka, khususnya Etnis Sikka Krowe dan Muhang Tana Ai. Terbuat dari ubi kayu kering yang ditumbuk, kelapa parut, sedikit garam, dan ikan teri kering, rasa kuliner ini merupakan perpaduan gurih dan asin. Unik, kamu mesti coba ni!

Ohu Ai Pungan, kuliner Maumere, Flores, NTT. (Sumber Foto: derosaryebed.blogspot.co.id)

Mage Wair. Bahan utama kuliner yang dalam bahasa Indonesia berarti kuah asam ini adalah ikan segar. Sesuai namanya, makanan ini punya cita rasa dominan asam yang segarnya sanggup bikin mata melek. Lebih nikmat, mage wair biasanya disajikan bersama nasi hangat.

Mage Wair, kuliner Maumere, Flores, NTT. (Sumber Foto: berniadi/Instagram)

Filu. Masih makanan tradisional masyarakat Kabupaten Sikka, kuliner ini terbuat dari tepung beras, gula pasir atau gula merah, sedikit arak dan minyak goreng. Dari bahannya, kamu sudah bisa menebak kan rasa makanan yang satu ini? Menyantapnya dengan segelas teh hangat kiranya bisa jadi salah satu cara menikmati pesona Maumere.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading