Sukses

Lifestyle

Alasan Gigi Jadi Sensitif Usai Pembersihan Karang

Fimela.com, Jakarta Pernahkah merasa ngilu di gigi usai pembersihan karang gigi? Kondisi itu biasa dseut dengan Dentine Hypersensitivity alias gigi sensitif. Lalu, apakah hal tersebut wajar terjadi?

Dilansir dari KlikDokter, drg. Martha Mozartha M.S menuliskan terbukanya lapisan dentin terjadi di daerah leher gigi yang berbatasan dengan gusi. Kondisi tersebut biasanya juga dialami karena salah cara menyikat gigi.

Karang gigi terbentuk akibat plak gigi yang mengerasi yang disebabkan oleh mengendapnya mineral seperti kalsium dan fosfat yang berasal dari air liur atau makanan serta minuman yang dikonsumsi.

Ketika membersihkan karang, getaran yang dhasilkan oleh alat pada prosedur scaling bisa menghilangkan lapisan sementum dan menyebabkan terbukanya dentin. Pada akhirnya, proses tersebut bisa menyebabkan gigi jadi lebih sensitif.

Ternyata ini alasan gigimu jadi sensitif setelah melakukan pembersihan karang gigi. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jadi, jika kamu baru saja membersihkan karang gigi, tak perlu khawatir ketika gigi jadi ngilu usai minum es. Lalu, tak ada salahnya menggunakan pasta gigi khusus giigi sensitif, ya! Baca artikel selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading