Sukses

Lifestyle

Hati-hati Penyakit Lupus, Kenali Gejala Awalnya

Fimela.com, Jakarta Lupus, penyakit yang namanya kamu sering dengar ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang ditakuti, pasalnya penyakit autoimun tersebut bisa menyerang seluruh sistem organ tubuh. Saat penyakit lupus menyerang, sistem imun atau daya tahan tubuhmu menjadi tak seimbang dan akan menyerang jaringan yang sehat.

Bicara soal lupus, penyakit yang diberi julukan "penyakit seribu wajah" bisa kamu kenali lewat gejala-gejala yang muncul di tubuhmu. Ya, mulai saat ini kamu harus lebih sayang dan perhatian dengan kondisi tubuh karena tanpa sadar gejala penyakit lupus itu mirip dengan masalah-masalah kesehatan yang terjadi dikeseharianmu.

Terlebih bagi para cewek, karena lupus kerap menyerang kaum hawa di usia muda. Tak sampai di situ, melansir laman Self, 90 persen penderita yang didiagnosis penyakit lupus seumur hidup kebanyakan adalah cewek berusia 15-34 tahun. 

Nah agar kita bisa lebih waspada terhadap penyakit lupus, kamu harus mengetahui berbagai gejala awalnya seperti mudah lelah, demam, rambut rontok, sendi kaku, nyeri otot, anemia, berat badan melonjak secara mendadak, sensitif terhadap sinar matahari, nyeri di dada saat bernafas, ruam di pipi dan hidung menjadi beberapa gejala penyakit lupus yang harus kamu waspadai.

Penderita lupus akan mengalami gejala yang berbeda-beda. (Foto: Verywell)

Lebih lanjut, kamu juga harus tahu kalau gejala lupus itu berbeda pada setiap orang. Jadi sangat mungkin kalau penderita lupus yang satu dan lainnya mengalami gejala yang berbeda.

Hingga kini, obat untuk mengatasi penyakit lupus pun tidak ditemukan, namun bagi penderita mereka tetap bisa menjalani hidup normal kok. Menghindari alkohol, mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan tak merokok menjadi beberapa cara hidup yang bisa membuat penderita lupus bisa hidup lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading