Sukses

Lifestyle

5 Destinasi Traveling yang Jadi Tempat Ritual Malam 1 Suro

Fimela.com, Jakarta Punya makna tersendiri bagi masyarakat Jawa, malam 1 Suro kerap diisi dengan berbagai ritual dan tradisi unik. Tak melulu di rumah, prosesi ini juga berlangsung di beberapa tempat di seantero Pulau Jawa.

Kebetulan, tempat-tempat yang dimaksud beberapa di antaranya merupakan destinasi traveling. Kamu mungkin pernah atau belum sama sekali menyambangi sudut ini. Punya daya tarik tersendiri, di samping terselimut aura mistis dari malam 1 Suro, tak ada salahnya menyambangi tempat yang tak hanya cantik, tapi punya embanan sejarah tersebut.

Tersebar di beberapa wilayah di Jawa, jangan takut kalau memang punya kesempatan menyambangi sederet destinasi ini, lantaran punya panorama menawan. Suasana santai pun sangat mungkin kamu dapatkan di sini. Dikutip dari Liputan6.com, Jumat (22/9/2017), berikut beberapa destinasi traveling yang jadi tempat ritual malam 1 Suro.

Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Dengan bentang pasir hitam berhias debur ombak yang bisa jadi begitu galak di beberapa waktu, tempat ini jadi destinasi wajib bagi tak sedikit pelancong ketika menyambangi Kota Budaya. Tapi, kalau kamu ingin melihat paras Parangtritis yang berbeda, coba saja datang pada malam 1 Suro.

Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah. (Sumber Foto: deffryadyatama/Instagram)

Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo. Di beberapa tempat di Jawa, keraton adalah satu opsi destinasi yang hampir selalu menarik disambangi, apalagi bagi kamu para pecinta wisata sejarah. Berbagai informasi tentang kejadian silam bisa kamu jumpai di sini, berikut dengan atmosfer dan suasana yang boleh jadi tak jauh berbeda.

 

Candi Belahan yang Misterius

Petirtaan Jolotundo, Candi Belahan, Pasuruan, Jawa Timur. (Sumber Foto: laurentiadewi_blog/Instagram)

Petirtaan Jolotundo, Candi Belahan, Pasuruan. Berlokasi di Desa Wonosuryo, bukan mudah untuk mencapai lokasi Candi Belahan, lantaran tempatnya yang begitu terpencil. Daya tarik tempat ini saat malam 1 Suro berpusat di mata air jernih yang mengucur dari payudara kedua permaisuri, di mana tempat itu jadi lokasi berendam tak sedikit orang.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta. (Sumber Foto: jehhay/Instagram)

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Berada di jantung Kota Pelajar, siapa yang rela melewatkan kunjungan ke istana bersejarah ini? Seperti yang mungkin juga kamu tahu, budaya Jawa masih diemban dengan begitu kental di sini. Karenanya, tradisi malam 1 Suro bukanlah hal yang luput dari agenda keraton Yogyakarta.

Stupa Sumberawan, Singosari, Malang, Jawa Timur. (Sumber Foto: jejaksiganteng/Instagram)

Stupa Sumberawan, Candi Singosari, Malang. Daya tarik candi ini hampir selalu tentang tempat petirtaan yang dahulu pernah digunakan Ken Dedes. Karenanya, saat malam 1 Suro tiba, tempat ini akan disambangi cukup banyak orang untuk menjalani berbagai ritual.

What's On Fimela
Loading