Sukses

Lifestyle

6 Makanan Pengganti Nasi Supaya Tetap Kenyang Saat Diet

Fimela.com, Jakarta Melakukan diet untuk menurunkan berat badan memang berat. Apa lagi ketika kamu harus mengurangi porsi makan dan bahkan menghindari makanan kesukaan. Mulai dari pizza yang mengandung banyak kalori, hingga makanan camilan yang mengandung banyak gula.

Kebanyakan orang Indonesia malah mungkin lebih berat lagi. Mungkin pizza dan kue-kue masih bisa dihindari. Tapi buat kamu yang sangat harus makan nasi setiap hari, ini pasti lebih susah lagi. Belum lagi kalau kamu makan nasi 3 kali sehari. Sarapan harus nasi uduk atau bubur. Siang pasti, lah, makan nasi lagi. Sampai makan malam pun pasti makan nasi, seperti pecel ayam! 

Kalau sudah begini, susah banget rasanya stick to the diet schedule. Kamu memang punya satu hari bebas untuk makan makanan yang kamu suka. Tapi selama berdiet, rasanya kamu lapar sekali tanpa ada nasi. 

Karena terbiasa makan nasi, ayam, ikan, dan sayuran seerta buah-buahan memang bikin terasa kenyang. Tapi nggak lama, kamu pasti lapar lagi! 

Sering dituding sebagai penyebab tubuh gemuk, benarkah nasi putih bikin diet gagal? (Sumber Foto: Shutterstock/TheList)

Nah, buat kamu yang ingin melakukan diet tanpa harus lapar-laparan karena nggak makan nasi, nggak usah sedih. Karena, dilansir dari Meal Prepon Fleak, ada banyak makanan lain yang bisa menggantikan nasi. Kamu nggak bakal kelaparan lagi dan kamu juga masih bisa makan banyak sayur tanpa harus kelaparan 1 jam kemudian. 

1. Quinoa

Quinoa | via: brainscape.com

Bukan cuma mengenyangkan, quinoa juga mengandung banyak protein. Dijamin, selain kamu kenyang, kamu nggak bakal tambah gemuk kalau makan banyak qinoa. 

2. Kembang Kol

Selain mudah didapatkan, kembang kol punya manfaat untuk menjaga imun tubuh. (Foto: www.omnilexica.com)

Jangan salah, kembang kol bukan cuma buat ditumis atau disayur. Supaya jadi seperti nasi, kamu bisa memarutnya dulu sebelum dimasak bersama ikan, ayam, atau sayuran kesukaanmu. 

3. Brokoli

Resep Broccoli Cheese Crepes berikut sangat membantu para ibu untuk menyajikan hidangan berbahan brokoli dengan praktis dan mudah. (Foto: iStockphoto)

Sama halnya dengan kembang kol. Cara memasaknya pun juga nggak jauh berbeda. Kamu tinggal pilih, lebih suka kembang kol, atau brokoli yang juga anti kanker. 

4. Barley

Barley | Sumber Foto: naturallyella.com

Nah, kalau yang ini mungkin nggak terlalu familiar, ya? Tapi kamu nggak usah khawatir. Kamu masih bisa menemukan Barley di beberapa swalayan Ibu Kota. Barley bagus banget buat kamu yang lagi diet, karena mengandung banyak serat. 

5. Ubi Madu

Ubi biasanya dikonsumsi dengan cara di goreng, direbus atau juga dikolak. Nutrisi serta vitamin yang terkandung pada ubi sangat dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh sekaligus membantu sistem pencernaan terjaga. (Istimewa)

Meskipun bikin banyak gas, ubi madu ini juga sama ngenyanginnya seperti nasi putih. Karena manis, kamu mungkin nggak bisa memakannya bersama sayur dan juga daging. Tapi, mungkin kamu bisa menggabungkannya dengan beberapa buah. 

6. Beras Cokelat

Beras Cokelat

Kalau kelima bahan makanan di atas juga nggak bisa menghapus rasa kangenmu dengan nasi putih, coba saja nasi merah atau lebih baik lagi nasi cokelat. Nasi cokelat ini memiliki lebih banyak serat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading