Sukses

Lifestyle

Kehilangan Teman di Usia 20-an Itu Biasa, Ini 8 Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang berpikir teman itu sekali untuk selamanya, kenyataannya bisa saja teman hadir hanya sesekali. Namanya juga hidup, nggak ada yang pasti selain ketidakpastian itu sendiri. Kemarin ada, sekarang nggak. Sekarang nggak ada, besok ada. Ya, begitulah.

Seiring berjalannya waktu akan banyak orang yang datang dan pergi dalam kehidupan kita, termasuk temanmu. Itu adalah hal biasa. Kamu nggak harus menyalahkan dirimu sendiri atas hal itu, karena memang itu nggak selalu karena kesalahanmu, nggak juga karena ada kesalahan.

Perpisahan, dan kehilangan teman-teman itu ada karena alasan sesederhana... ya memang kita tumbuh dewasa saja. Kita nggak bisa menghindari tumbuh dewasa, tapi menghindari perpisahan dan kehilangan itu seharusnya bisa, tinggal gimana niatnya saja.

Ketahui kenapa perpisahan dan kehilangan itu terjadi supaya kamu bisa menghindarinya, yuk!

1. Prioritas terus berubah

Ilustrasi Relationship. (Foto: pexels.com)

Ini pasti terjadi seiring mendewasanya kamu. Tapi selama kamu pandai membagi waktu dan tetap menyertakan temanmu itu di setiap langkahmu, dia akan tetap ada di sana.

2. Kehilangan kebiasaan yang seperti dahulu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Ant Rozetsky)

Bersamaan dengan berubahnya prioritas, kebiasaan kalian berdua pun akan hilang. Itu mengikis kedekatan yang kalian punya perlahan-lahan sampai akhirnya jarak benar-benar memisahkan.

3. Berhenti peduli

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kamu tidak kehilangan teman karena kesibukan, karena jarak, atau karena apapun. Kamu kehilangan temanmu karena kamu berhenti peduli.

4. Ada masalah yang masih mengganjal

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Lucas Pimenta)

Nah, ini kemungkinan lain. Mungkin memang ada sebuah masalah yang tak terselesaikan antara kalian sehingga kamu dan dia memilih menjauh.

5. Nggak berupaya apa-apa

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Dipikirnya menjaga pertemanan nggak perlu pakai usaha? Ya perlu, lah! Keep in touch, saling bertukar cerita, sempatkan bertemu. Jangan menunggu kesempatan datang, ciptakan kesempatan itu.

6. Terpengaruh lingkungan baru

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Omar Lopez)

Ya, bukan hal aneh kalau ketika ada lingkungan baru, kita jadi asyik sendiri dan lupa sama lingungan lama. Kamu pun mungkin akan begitu. 

7. Nggak saling mendukung

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/David Preston)

Di usia 20-an itu biasanya hidup sudah mulai banyak tuntutan. Saat itulah dukungan dari orang terdekat dibutuhkan. Kalau kamu nggak hadir untuk temanm di saat-saat yang dia butuhkan itu, wajar kalau dia perlahan dia menjauh darimu dan begitupun sebaliknya.

8. Ada teman baru

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Kendyle Nelsen)

Sama aja kayak pacar yang mungkin ditinggalkan kalau sudah ada gebetan baru. Teman pun bisa seperti itu.

What's On Fimela
Loading