Sukses

Lifestyle

DIY, Begini Caranya Bikin Obat Herbal untuk Redakan Batuk Berdahak

Fimela.com, Jakarta Batuk, memang serig muncul saat musim hujan. Apa lagi kalau kamu nggak makan makanan sehat setiap hari. Keadaan juga bisa bertambah parah ketika kamu jarang makan sayuran. 

Akibatnya, batuk muncul dan sulit untuk sembuh. Kalau ke dokter, kamu pasti akan diberikan antibiotik. Duh, bosan nggak, sih, kalau minum obat terus dari dokter? 

Tapi, kalau minum obat warung, batukmu nggak juga reda. Batuk kering memang sulit hilang. Tapi batuk berdahak juga lebih bikin nggak nyaman dan susah sembuh kalau nggak diobati. 

Nah, kenapa kamu nggak coba membuat obat batuk herbal sendiri di rumah? Dilansir dari Health Liputan6.com, ada banyak bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk berdahak. 

Dr Prapti Utami, konsultan herbal dari Sekar Utami Tanaman Obat Keluarga, mengatakan kepada Liputan6, batuk berdahak bisa diredakan dengan bawang merah dan garam. 

"Kalau berdahak, kita menggunakan bawang merah yang ditumbuk satu siung. Lalu seduh dengan air panas 50 cc. Biarkan sebentar supaya hangat. Diberi garam sedikit, saring, minum saat mau tidur," kata Prapti ketika dihubungi Health Liputan6.com pada Selasa (13/2/2018).

Bawang merah ini berkhasiat melancarkan dan mengencerkan dahak sehingga bisa dengan mudah kamu keluarkan. Tuggu apa lagi? Yuk, buat obat batuk berdahak sendiri di rumah! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading