Sukses

Lifestyle

Biar Nggak Ngemil Terus, Ini 5 Cara Lepas dari Makanan Manis

Fimela.com, Jakarta Makanan manis memang menjadi favorit banyak cewek. Nggak tahu kenapa, cewek yang suka makanan manis selalu craving kue dan juga jajanan manis. 

Mulai dari cokelat, permen, kue-kue, bahkan jajanan seperti pisang cokelat, martabak, dan masih banyak lagi. Masalahnya, makanan manis ini tentu mengandung banyak kalori. 

Ini dia yang menyebabkan kamu nggak sehat dan berat badan bertambah. Apa lagi makanan manis itu sangat pas dikonsumsi dengan cuaca yang panas. Seperti kue kering dan es krim, memang selalu menarik hati siapapun.

Meski demikian, kecanduan makanan jenis ini dapat membawa masalah bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Dilansir Express, Rabu (21/2/2018), kecanduan makanan manis dapat menyebabkan obesitas, yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, guna membebaskan diri dari kecanduan makanan manis, berikut adalah 5 cara mengatasinya.

Minum Air Mineral

Jika Anda mengalami kecanduan makanan manis, umumnya Anda akan kerap merasa haus. Jika itu terjadi, Anda dapat mengonsumsi lebih banyak air dari biasanya. Hal ini dapat membuat Anda berangsur-angsur lepas dari perangkap kecanduan makanan manis.

Tak hanya itu, minum air mineral dapat mengurangi nafsu makan dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Tidur lebih panjang

Kecanduan makanan manis pun dapat dipicu oleh Anda yang tidak cukup beristirahat. Ketika Anda kurang tidur, tubuh akan lebih mudah merasa lapar. Nafsu makan, yang berpotensi berujung pada kecanduan makanan manis, sangatlah dipengaruhi oleh hormon yang melonjak akibat kurang istirahat.

 

Konsumsi lebih banyak protein

Menambahkan lebih banyak protein pada pola makan sangat berguna untuk mengurangi nafsu makan. Jika mengonsumsi protein sebanyak 25 persen dari total kalori, Anda dapat mengurangi kecanduan makanan manis dengan persentase 60 persen. Selain itu, dengan mengonsumsi lebih banyak protein, Anda dapat menngurangi keinginan untuk menyantap makanan ringan di malam hari sebanyak 50 persen.

Merencanakan pola makan dalam seminggu ke depan

Perencanaan dalam menyusun menu makanan dalam seminggu memang akan mengurangi risiko kecanduan makanan manis. Ketika Anda sudah membuat perencanaan yang matang, hal ini akan mengurangi faktor spontanitas dan ketidakpastian dalam hal makan.

Hindari stres

Stres sering disebut-sebut sebagai asal muasal penyebab kecanduan makanan manis. Beberapa orang, yang kebanyakan adalah wanita, kerap melampiaskannya dengan menyantap banyak makanan yang tinggi kalori, dan pada akhirnya mengalami kecanduan.

Ketika Anda mengalami stres, hormon kortisol dalam darah pun meningkat. Hormon inilah yang akan membuat berat badan Anda meningkat. Oleh sebab itu, hindari stres agar Anda tidak terjebak dalam kecanduan makanan manis.

 

Reporter: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

What's On Fimela
Loading