Sukses

Lifestyle

Nggak Kuat Lagi? Ini 3 Cara Hilangkan Rasa Sakit Saat PMS

Fimela.com, Jakarta Nggak semua orang mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS. Tapi, sebagian besar cewek akan mengalami gejala PMS yang berbeda-beda. Biasanya, PMS ditandai dengan jerawat, sakit kepala, dan juga sakit pada perut bagian bawah. 

Nah, sebagian cewek masih bisa menahan rasa sakit ini, girls. Tapi, ada lho, beberapa cewek yang mengalami PMS parah, bahkan sampai nggak bisa melakukan aktivitas apa pun. 

Perutnya melilit sampai tak tertahankan. Sakit kepala pun semakin menjadi-jadi. Biasanya, mereka yang mengalami PMS parah ini akan meminum obat anti inflamasi yang dijual bebas di berbagai toko obat. 

Tapi, sayangnya, obat inflamasi ini pasti punya efek samping. Terus, gimana caranya supaya PMS nggak terlalu sakit banget? Health.com ternyata punya beberapa tips buat kamu yang selalu merasa PMS seperti mimpi buruk. 

1. Diet

Banyak cewek nggak tahu kalau apa yang kamu konsumsi itu memengaruhi semua sistem, termasuk sistem reproduksi. Kalau kamu selalu sakit saat PMS, hindari makanan yang mengandung banyak garam. Soalnya, garam bisa membuat perut kembung. Lebih baik makan buah, sayur, dan kacang-kacangan. 

 

2. Olahraga

Olahraga ternyata juga bisa bikin kamu merasa lebih baik. The National Women's Health Information Center juga menyarankan melakukan aktivitas yang intes selama 2 setengah jam untuk mengurangi PMS. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aerobik selama 1 jam 15 menit. Aerobik juga sama khasiatnya pada saat kamu PMS. Kamu juga bisa melakukan kedua aktivitas ini bergantian dalam satu minggu.  

3. Minum Vitamin

Jangan cuma mengandalkan makana sehari-hari yang kamu makan. Tubuhmu juga butuh banyak vitamin. Well, kamu boleh nggak konsumsi vitamin tambahan, selama kamu yakin kebutuhan tubuhmu terpenuhi. 

Disarankan, kamu harus mengonsumsi kalsium, magnesium, vitamin B6 dan E. Jangan sampai kekurangan vitamin, lho! Soalnya ini penting banget buat kesehatanmu, apa lagi saat PMS menyerang. 

3. Jamu

Kamu mungkin lupa kalau cewek itu harus minum jamu kunyit yang rajin. Jamu kunyit ini bisa melancarkan peredaran darah, melancarkan menstruasi, mengurangi rasa sakit saat PMS, dan juga mengurangi bau badan. 

Selain itu, minum jahe dan teh hangat juga membantu mengurangi rasa sakit pada perut bagian bawah selama mengalami PMS. Jadi, jangan minum air dingin terus, ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading