Sukses

Lifestyle

Nggak Ketahuan, 3 Tanda Ini Muncul Saat Kamu Punya Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Meski masih muda, banyak cewek yang sudah harus mulai memantau status kesehatannya. Salah satunya tekanan darah. Kalau tekanan darah terlalu rendah, kamu juga bakal sakit, sering pusing dan rentan terkena penyakit lain. 

Kalau tekanan darah terlalu tinggi, risikonya sangat bahaya. Karena bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, dan lainnya. Biasanya, kamu akan tahu apakah tekanan darahmu terlalu tinggi atau normal hanya dengan mengeceknya di klinik atau rumah sakit. 

Sayangnya, Women's Health Magazine menulis, nggak ada tanda atau gejala yang kamu rasakan kalau tekanan darahmu mulai naik dan melebihi batas normal. Meskipun kamu nggak merasakan apa-apa, sebenarnya gejala itu sudah timbul sejak lama. Tapi kamu nggak ngeh. 

Majalah tersebut juga menulis, karena hal ini penyakit darah tinggi sering disebut dengan the silent killer. Makanya, kamu perlu hati-hati sebelum timbul penyakit parah seperti stroke dan penyakit jantung. Berikut ini tanda kamu harus waspada dengan penyakit darah tinggi. 

1. Keturunan

Kamu harus waspada kalau kamu memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Misalnya, ayah atau ibumu pernah mengalami tekanan darah tinggi. Meskipun bukan berarti kamu pasti akan mengalami hal yang serupa, tapi kamu harus berhati-hati dan menjaga pola makan serta hidup sehat

2. Sakit Kepala

Tanda kedua yang harus bikin kamu waspada adalah sakit kepala. Kalau kamu sering mengalami sakit kepala, baik dengan atau tanpa mimisan, kamu mungkin harus waspada. Soalnya, banyak orang membiarkan sakit kepala itu terjadi dan meredakannya dengan obat warung biasa. 

Sampai akhirnya, saat diperiksa dokter, tekanan darahnya sudah sangat-sangat tinggi. Nah, kalau kamu sangat sering mengalami sakit kepala atau sakitnya hilang timbul, lebih baik kamu waspada. 

3. Kembung dan Kencing Bermasalah

Selain itu, kembung juga menjadi salah satu tanda kalau tekanan darah meningkat. Darah tinggi itu sering berhubungan dengan diabes dan juga penyakit ginjal. 

Jadi, kalau kamu merasa kembung dan kadang air kencing keluar tak begitu banyak seperti biasanya, kamu mungkin harus periksa. Siapa tahu tekanan darah tinggi dan hal ini berhubungan dengan penyakit lain seperti ginjal dan diabetes. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading