Sukses

Lifestyle

Seiring Bertambah Usia, Sahabat Akan Semakin Berkurang

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sudah membuktikannya sendiri, bahwa semakin bertambahnya usia jumlah teman semakin berkurang, apalagi yang bisa dikategorikan sahabat. Dulu kamu punya banyak teman yang bisa diandalkan di berbagai momen. Sekarang, satu di berbagai momen pun mungkin tidak. Berbagi kabar pun mungkin jarang. 

Ada banyak alasan kenapa jumlah teman justru makin sedikit saat kita makin dewasa. Hal ini bisa pun terbilang normal. Faktor penyebabnya pun sangat beragam. Secara umum, penyebabnya bisa karena hal-hal berikut ini.

Prioritas dan Kesibukan Makin Banyak

Kalau dulu waktu sekolah dan kuliah, kita punya banyak waktu untuk bertemu dan berkumpul dengan teman-teman. Kini setelah sudah bekerja atau berkeluarga, kita memiliki lebih banyak prioritas, tanggung jawab, dan kesibukan. Sehingga waktu yang ada harus dibagi-bagi lagi. Hal ini juga yang terjadi pada teman-temanmu. Mereka mulai disibukkan dengan urusan masing-masing, sehingga sulit memiliki waktu untuk berkumpul atau jalan-jalan dengan kita.

Lebih Selektif Memilih Teman

Mungkin dulu kita pernah terluka atau mengalami trauma dikhianati oleh teman yang sudah kita anggap begitu dekat. Dari pengalaman itu, kita jadi lebih selektif dan hati-hati dalam mencari teman baru. Sebuah persahabatan menjadi ikatan yang begitu penting dan harus dijaga dengan baik. Berbeda dengan dulu, sekarang kita sudah nggak mau lagi membuang-buang waktu menghabiskan energi untuk orang yang cuma mau memanfaatkan kelemahan kita.

Alasan Teman Semakin Berkurang Seiring Bertambahnya Usia

Memilih yang Lebih Sedikit karena Minim Konflik

Menjalin pertemanan atau persahabatan pastinya nggak lepas dari yang namanya masalah atau konflik. Dulu mungkin kamu punya banyak teman dan masih punya cukup banyak energi untuk mengatasi setiap persoalan dan konflik yang ada. Tapi sekarang dengan makin banyaknya prioritas dan kebutuhan lainnya, kamu pun harus menghemat energimu. Kamu lebih memilih sahabat yang lebih sedikit karena minim konflik. Sehingga hidup jadi terasa lebih tenang dan nyaman.

Sahabat yang Bertahan Itu yang Terbaik karena Lolos "Seleksi Alam"

Temanmu itu-itu saja? Nggak masalah kok. Justru sahabat yang masih bertahan sampai sekarang itulah yang memang layak dipertahankan. Mereka lah yang terbaik karena sudah lolos "seleksi alam". Mereka lah yang sudah mengenal dan memahami dirimu dengan semua kelebihan dan kekuranganmu. Nggak apa-apa jumlah sahabat makin sedikit, asal bahagianya terus bertambah, bukankah begitu?

Yang penting adalah kualitas, bukan kuantitas. Fokuslah pada bagaimana sedikitnya teman yang ada itu bisa memberi energi positif bagi hidupmu, dan kamu juga bisa memberi energi positif untuk mereka.

 

 

Sumber: vemale.com

Penulis: Endah Wijayanti

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Yuk, Intip 5 Tips Menghadapi Teman yang Super Moody