Sukses

Lifestyle

Apakah Perempuan Perlu Tambahan Asupan Vitamin?

 

perempuan dan vitamin Untuk mengakali hal tersebut dan menjaga kecukupan vitamin dan mineral, sebaiknya kita tambah dengan mengonsumsi suplemen. Berikut beberapa vitamin dan mineral yang bisa dipastikan kecukupannya lewat suplemen.

Probiotik: Bagus untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan bisa menurunkan infeksi serta gas lambung.

Vitamin D3: Secara umum, vitamin D adalah sumber utama kalsium karena tanpa vitamin D, kalsium akan sulit diserap oleh tulang. Bahkan, dengan menjaga kecukupan asupan vitamin D, kamu bisa mengurangi resiko memory loss, sakit jantung, dan kanker. (Konsumsi vitamin D dengan lemak sehat, seperti suplemen DHA, atau dengan makanan seperti olive oil atau alpukat. Vitamin D hanya bisa diserap dengan bantuan lemak.)

Kalsium/Magnesium: Kalsium juga diasosiasikan dengan penurunan resiko kematian dari patah tulang. Tapi hanya mengonsumsi kalsium bisa menyebabkan konstipasi atau sulit buang air dan kembung. Jadi sebaiknya dikonsumsi bersama magnesium. Manfaat baik lainnya termasuk menjaga fungsi otot dan saraf dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, kedua mineral ini juga membantu menjaga fungsi pencernaan terutama pada usus.

DHA: Bintang utama omega-3 ini dipercaya bisa menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. DHA juga menjaga kestabilan ingatan dan penglihatan. Riset MIDAS (the Memory Improvement with DHA Study) menunjukkan bahwa 900mg sehari yang diberikan kepada kelompok berusia 60 atau lebih bisa menekan tingkat memory loss sampai tiga tahun. Bagi ibu hamil, DHA juga penting untuk perkembangan otak dan mata bayi; bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa omega-3 bisa melindungi depresi setelah melahirkan atau baby blues. Umumnya perempuan membutuhkan 600mg DHA sehari, tapi ibu hamil dan manula membutuhkan minimal 900mg yang bisa didapat dari makanan dan suplemen. (600mg dari suplemen dan 16ons, atau 2 porsi salmon seminggu.)

Multivitamin: Nggak ada pola makan yang sempurna, jadi dianjurkan untuk menambah asupan vitamin dan mineral dari multivitamin – satu jenis yang kamu bagi dua; setengah di pagi hari dan setengah di malam hari – untuk menutupi kekurangan. Multivitamin termasuk vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, misalnya pantothenic acid, B6, B12 dan niacin, yang jumlahnya bisa jadi susah kamu dapatkan dari asupan makanan sehari-hari. Vitamin dan mineral tersebut membantu menjaga peredaran darah, cardiovascular, kesehatan mata dan saraf. Sebagian besar perempuan yang masih menstruasi atau sedang hamil dianjurkan menambahkan zat besi. Bicarakan dengan dokter kandungan atau ob/gyn tentang seberapa banyak yang kamu butuhkan.

 

Jadi, untuk hidup dan tubuh yang lebih sehat, sebaiknya cukupi asupan vitamin dan mineral lewat suplemen.

Kalau kamu, apa yang sudah kamu lakukan untuk mencukupi asupan vitamin dan mineral?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading