Sukses

Lifestyle

Sepele, Tapi Penting untuk Kesehatan

Next

Sepele, Tapi Penting untuk Kesehatan

Lihat sisi lain

Setahun nge-gym bentuk tubuh tak berubah? Kalau obsesimu ingin sehat, fitness pas jadi bagian dari hidupmu. Tak perlu memikirkan efeknya untuk bentuk tubuh, tapi efeknya untuk kebugaran. Ini bisa jadi salah satu cara menolak malasmu dan dalih lama, “ngapain fitness kalau dari dulu badan segini-segini aja!”. Nah, siap ubah mindset demi sehat?

Jebakan malas

Sikat gigi. Kenapa hal sepele ini seringkali justru kita lewatkan? Ritual sikat gigi malam hari bisa jadi ada dalam otak, tapi jarang kita lakukan dengan alasan superklasik: malas! Kenapa tak berhenti bilang malas, kalau bisa buang jauh-jauh kata itu dari agenda harianmu. Tak rugi beranjak beberapa menit dari kasur untuk menggosok gigi, kan? Jangan sampai kesadaranmu muncul terlambat, setelah gigi berlubang dan menghadiahimu dengan rasa ngilu yang bikin kamu kapok malas sikat gigi. Sepele, tapi jadi penting, kan?

Next

 

Sepele, Tapi Penting untuk KesehatanStop berempati pada diri sendiri

"Hidup sehat itu gampang. Hanya dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang, nutrisi yang cukup, olah raga teratur tubuh sehat pasti bisa didapat," terang dr. Susianto, penulis The Miracle of Vegan dan Diet Enak ala Vegetarian. Se-simple itu, tapi kita seringkali berpikir tak masalah sekali-kali memberi “liburan” untuk diri sendiri. Misalnya saja, libur makan sayur, libur diet sehat dengan makan bebek goreng atau burger porsi double, merokok. Sekali tak jadi masalah, tapi kalau sekali itu membuka kesempatan untuk yang kedua, ketiga, dan seterusnya, apa jadinya? Diet dan pola hidup sehat yang sudah kamu bangun dengan susah payah akan dibayar dengan sangat mahal lewat kegagalan. Kalau sudah gagal dan menyerah pada kegagalan itu, kamu akan mulai kembali ke kebiasaan lama. Done, semua jadi sia-sia hanya karena empatimu pada diri sendiri.

Handphone biang bakteri?

Lepas dari handphone, bagi para pekerja, pasti ibarat berpisah dari pasangan. Sampai begitu? Ya! Alat komunikasi ini memang sangat menunjang karir dan hubungan sosial. Tapi, yang mesti diingat adalah dampak negatif yang sewaktu-waktu mengancammu: bakteri E.coli. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa 1 dari 6 handphone tertular bakteri E.coli dan terancam terkena 1.000 jenis bakteri lain akibat keteledoran penggunanya yang tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa banyak orang masih enggan untuk mencuci tangan mereka. Inilah asal mula dari peredaran bakteri," kata dr. Val Curtis. Boleh saja tak lepas sedetik pun dari handphone-mu, tapi kalau konsekuensinya rajin cuci tangan dan jaga kebersihan handphone, nggak sulit, kan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading