Sukses

Lifestyle

Tips Anti Lemas Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Beraktivitas di bulan Ramadan seperti jadi satu tantangan tersendiri, tapi mau tak mau pasti dijalani. Walau badan lebih lemas dari biasanya, tak mungkin kita melewatkan aktivitas sehari-hari begitu saja.

Tak bisa dipungkiri juga kalau puasa pasti membawa sedikit dampak yang kurang mengenakkan pada tubuh, terutama di awal-awal, saat tubuh masih perlu proses adaptasi dengan pola makan baru. Cepat lelah juga lazim dirasakan oleh setiap orang yang berpuasa.

Penyebab kelelahan yang dirasakan tak lain dan tak bukan adalah kurang asupan makanan, cairan, dan kurang tidur. Kamu yang puasa pasti terbayang bagaimana rasanya karena sudah mengalaminya sendiri.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2001 di Morocco menunjukkan, orang-orang yang puasa dapat mengalami gangguan tidur berupa pemendekan waktu dari fase tidur dalam (di jam-jam sahur), padahal fase ini merupakan waktu yang dibutuhkan untuk memperbaharui tubuh keesokannya. Nah, hal ini merupakan 'dalang' dari lemas yang dirasa ketika puasa.

Rasa lemas ini tak bisa dibiarkan terus menerus mengganggu, tapi bagaimana juga mengatasinya sementara siklus harian kita akan begitu terus selama berpuasa? Gampang, berikut tips anti lemas saat berpuasa. Selamat mencoba!

3 Hal yang Harus Dilakukan Agar Kamu Tak Lemas Saat Berpuasa

1. Atur Waktu Tidur

Jika biasanya kamu tidur larut malam, maka selama bulan Ramadan ini kamu harus memaksakan diri untuk tidur lebih cepat setelah selesai salat tarawih. Siang hari di waktu istirahat, pakailah untuk tidur sejenak. Ini akan cukup membuatmu lebih segar setelah bangun.

2. Hindari Kafein

Mengonsumsi kafein akan membuat kamu kekurangan cairan hingga dehidrasi. Tentu saja kamu ingin menghindari ini selama puasa, kan? Kalau begitu, daripada mengonsumi kafein lebih baik kamu perbanyak konsumsi air putih setelah buka puasa dan saat sahur.

Apa yang Dikonsumsi Akan Menentukan Energi

3. Atur Makanan

Asupan makananmu saat sahur dan buka puasa sangat menentukan stamina. Pastikan setiap makan ada sayur, buah, juga makanan yang mengandung protein, lemak dan karbohidrat.

Untuk karbohidrat, pastikan kamu pilih karbohidrat kompleks seperti jelai (barley, sejenis sereal), gandum, dan nasi basmati. Ketika jenis sumber karbohidrat tersebut memproses energi secara perlahan, sehingga dapat mencegah lemas saat puasa.

Makanan berserat seperti sayuran hijau dan buah-buahan juga membuatmu kenyang lebih lama sehingga kamu tak mudah lemas selama berpuasa. Yang terpenting, hindari kue, biskuit, coklat, juga kopi dan minuman bersoda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading