Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Khas Surabaya yang Pas Buat Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Di bulan Ramadan atau bulan puasa, masyarakat Surabaya menyambutnya dengan penuh harapan. Kehidupan warga di ibukota Jawa Timur ini tetap ramai dan menggeliat. Terutama di bulan puasa seperti sekarang ini.

Di bidang kuliner misalnya, banyak tempat yang ramai dikunjungi untuk membeli makanan maupun minuman untuk berbuka dan sahur.Sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Timur, Surabaya hampir punya semua kuliner favorit dari seluruh daerah di Jawa Timur.

Surabaya kini memang beda dan makin keren karena banyak dibangun ruang terbuka hijau bagi masyarakat yakni taman kota.  Surabaya kini juga telah bertransformasi menjadi Smart City. Meski sudah tersentuh dengan teknologi mutakhir, Surabaya tetap mewariskan kuliner khas yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke sana.

Seperti dilansir dari liputan6.com, berikut ini ada lima kuliner khas Surabaya yang termasuk legendaris dan yang sayang untuk dilewatkan. Selain lezat, lima kuliner ini juga cocok untuk jadi menu berbuka puasa kamu.

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu sebenarnya berasal dari Gresik tapi juga banyak ditemui di Surabaya. Semua jenis kuliner nasi dari Jawa Timur selalu khas dengan serundengnya. Nasi Krawu juga menggunakan taburan serundeng, serta dipenuhi berbagai jenis lauk seperti semur daging, jeroan sapi dan sambal terasi istimewa.

Rawon Setan dan Lontong

2. Nasi Rawon Setan

Bahan utama rawon adalah kluwak atau kluwek. Kuahnya memang kental menghitam. Namun rasanya dijamin bikin kalian merem melek. Selain kuah pedasnya yang nikmat, daging sapi serta kikilnya terasa kenyal. Rawon sudah menjadi ciri khas Surabaya. Kalau belum makan rawon rasanya belum sah ke Surabaya.

3. Lontong Balap

Lontong balap termasuk kuliner khas Surabaya yang legendaris. Kuah segarnya bikin lidah bergoyang. Lontongnya disajikan setelah terlebih dahulu dipotong-potong kemudian dicampur dengan tahu khas Surabaya dan tauge yang berlimpah. Kuahnya ini yang membuat cita rasa lontong balap sulit untuk dilupakan dan bakal bikin kita baper.

Tahu Tek dan Campur

4. Tahu Tek

Komposisi atau bentuk sajian tek Surabaya sekilas memang mirip dengan tahu gejrot Cirebon. Tapi bedanya, tahu tek dikombinasikan dengan lontong dan kentang. Taburan tauge jadi semacam topping wajib dalam setiap kuliner khas Surabaya.

Yang membedakan adalah siraman kuah petis udang atau ikan yang bikin segar lidah. Jangan lupa, kerupuk selalu menjadi yang terakhir untuk melengkapi hidangan legendaris tahu tek Surabaya ini.

5. Tahu Campur

Hampir semua kuliner khas Surabaya menggunakan tahu. Misalnya saja lontong balap dan tahu tek. Meski begitu tahu campur ini berbeda.Bedanya adalah, tahu campur merupakan perpaduan daging sapi dan perkedelnya.

Supaya lebih segar, tahu campur ditambah dengan selada. Taburan kerupuk dan tauge semakin membuat tahu campur maki enak dan semarak. Menu segar dan bikin kenyang cocok buat makanan buka puasa.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading