Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu dan Pacar Sudah Layak Nikah Dari Segi Komunikasi

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika para pasangan sudah mulai memikirkan untuk lanjut ke tahap pernikahan. Salah satunya adalah komunikasi.

Komunikasi itu kebutuhan dasar hubungan yang harus terpenuhi dengan baik. Bukan cuma ketika sudah menikah, tapi juga saat pacaran, bahkan sejak awal hubungan itu terjalin.

Komunikasilah yang akan membawa hubunganmu terus melangkah, komunikas juga yang akan menjaga langkah kamu dan pacar tetap beriringan mencapai tujuan-tujuan kalian.

Jangan pernah sepelekan masalah komunikasi walaupun saat ini status kalian masih "pacar". Sebab, semakin dini kamu dan dia belajar menjalin komunikasi yang baik, semakin matang juga kalian kalau tiba saatnya untuk menikah nanti.

Pengin memastikan kamu dan pacar sudah layak menikah atau belum dari segi komunikasi? Simak di bawah ini ciri-ciri pasangan yang komunikasinya sudah 'matang' dan layak lanjut ke tahap pernikahan, ya!

Ciri-ciri Komunikasi Dalam Hubungan yang Sudah Layak Menikah

Tahu kapan waktunya bicara, kapan harus mendengar

Menemukan orang yang mampu mendengarkan cerita-cerita kita itu menyenangkan. Kita pasti sangat bersyukur atas nikmat tersebut. Namun, bagaimana jika dilihat dari sisi pasangan kita? Apakah kita sudah memberinya alasan untuk bersyukur terlah memilikimu, karena kamu mampu mendengar setiap ceritanya?

Well, ketika berbicara dan mendengar itu sudah berjalan seimbang, ketika kamu dan pacar sama-sama tahu kapan kalian boleh bicara dan kapan harus mendengar; hubungan kalian sudah dapat lampu hijau.

Jeda yang ada tak jadi masalah

Ada waktu-waktu di mana kalian harus rehat dari rutinitas sebagai pasangan, bahkan rehat dari obrolan di chat. Ketika waktu itu tiba dan kalian tak mempermasalahkannya, bisa dibilang kalau kepercayaan kalian terhadap satu sama lain yang "bicara" di sini. Takkan ada masalah berarti, komunikasi kalian sudah terjalin lebih dalam dari sekadar kata-kata.

Komunikasi Membuat Hubungan Kalian Bertahan, Bahkan Melangkah Lebih Jauh

Sudah terbiasa dan menemukan kenyamanan untuk berkata jujur

Tak ada alasan untuk menyembunyikan sesuatu dari satu sama lain, karena kalian terbiasa jujur dan nyaman berbicara apa adanya. Untuk apa bohong? Kejujuran ini akan jadi fondasi yang kuat bagi hubungan kalian. Dengan begini, kalian juga takkan buang waktu untuk mengartikan "kode" dari salah satu pihak, atau berdebat karena permasalahan yang tak dibicarakan namun jadi alasan untuk meluap-luapkan emosi.

Terbukti berhasil memecahkan berbagai masalah dalam hubungan

Nah, ini adalah skill penting yang wajib dikuasai kalau mau hubungan awet sampai jenjang pernikahan dan seterusnya. Sebab, hidup tak selamanya damai dan menyenangkan. Sesekali pasti masalah datang, tapi tak ada yang perlu dikhawatirkan selama kamu dan pacar terbukti mampu memecahkan berbagai masalah dengan komunikasi sebagai "bahan utama"-nya. Gimana? Komunikasi kamu dan pasangan sudah sampai ke tahap-tahap tersebut atau belum?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading