Sukses

Lifestyle

Apa Bedanya Telur Warna Putih dan Cokelat? Ini Faktanya!

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja telur, mungkin menemui telur ayam berwarna putih, kecokelatan tua dan bahkan ada yang kecokelatan muda. Sebenarnya apa bedanya? Ternyata ini yang bisa diketahui dari telur dengan warna berbeda.

Dilansir dari The Kitchn, perbedaan warna telur ayam (cokelat dan putih) karena telur dihasilkan dari ayam yang berbeda. Ayam dengan bulu putih dan bertelinga putih menghasilkan telur berwarna putih, sedangkan ayam dengan bulu merah kecokelatan dan bertelinga merah menghasilkan telur berwarna cokelat.

Manakah yang lebih baik? Sayangnya, perbedaan warna cangkang telur tidak mempengaruhi kualitas telur. Tidak ada yang lebih baik, keduanya bisa digunakan dan dimasak seperti biasa. Berdasarkan kandungan nutrisi dan rasa, tidak ada perbedaan pada kedua telur tersebut.

Apakah warna cangkang telur mempengaruhi tebal tipisnya cangkang? Tidak. Hal yang menyebabkan cangkang telur tebal atau tipis adalah usia ayam petelur yang menghasilkan. Semakin tua ayam, telur yang dihasilkan akan memiliki cangkang tipis. Ayam lebih muda menghasilkan telur dengan cangkang tebal dan kuat.

Jadi, pilih mana saja yang menurutmu lebih disukai karena keduanya sama-sama baiknya. Kecuali jika telur yang dihasilkan adalah telur ayam kampung, kabarnya lebih baik.

What's On Fimela
Loading