Sukses

Lifestyle

Wah, Ada Polisi Syariah Yang Bertugas Mengawasi Pakaian Wanita Iran

Busana memang bisa mencerminkan pribadi seseorang. Sebagai wanita, kita pasti akan selalu memperhatikan pakaian dan busana yang kita kenakan sehari-hari. Namun di beberapa negara, ada sebuah peraturan yang khusus mengatur tentang pakaian yang dikenakan seorang wanita. Jika tidak menuruti peraturan ini, maka wanita bisa saja dihukum atau didenda.

Iran adalah salah satu negara yang menerapkan aturan syariah Islam. Peraturan ini juga berlaku di segala aspek kehidupan masyarakatnya, termasuk cara berpakaian para wanitanya. Iran mempunyai aturan ketat yang harus diikuti oleh seluruh masyarakatnya. Jika melanggar bahkan ada polisi khusus yang akan menangkap para wanita ini.

Namun ternyata ada yang berubah dari Iran baru-baru ini. Presiden Iran baru saja memberikan pernyataan khusus mengenai aturan tentang pakaian syariah ini. Dia melarang polisi syariah untuk menangkapi para wanita yang dianggap berpakaian tidak sopan seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (14/11). Tindakan ini merupakan pemenuhan janji pemilu Rouhani untuk melonggarkan standar ketat terkait cara berpakaian secara islami di Iran.

Selain pemenuhan janji, tindakan ini juga merupakan salah satu hal yang ditempuh pemerintah Iran untuk melindungi para wanita di negara itu. Adanya polisi syariah menimbulkan aksi premanisame yang memberikan efek negatif kepada masyarakat Iran sendiri. Pelecehan terhadap wanita-pun lebih sering terjadi.

Meskipun begitu, pemerintah Iran juga masih menetapkan aturan yang harus ditaati oleh masyarakatnya. Mereka mempertahankan standar berpakaian secara islami yang baik. Nah bagaimana menurut pendapat Anda, ladies?Setujukah dengan hal ini?

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading