Sukses

Lifestyle

Ulat Tercantik Sedunia, Belum Ada Yang Mengalahkannya

Hellouuu... yang Anda lihat di dalam foto di atas bukanlah bunga lho, melainkan ulat. Foto hasil jepretan Hope Abrams yang diposting di akun Flickr-nya ini disebut juga ngengat emerald. Nama latinnya adalah Synchlora aerata.
Courtesy Flickr.com/HopeAbrams 

Ngengat ini ditemukan kebanyakan di Amerika Utara, dengan lebar sayap 17 mm dan ketika dewasa, warnanya berubah menjadi hjau dengan garis melintang putih dan bergelombang.
Courtesy Jim McCormac 

Larvanya tumbuh di berbagai tanaman, terutama di semak, pepohonan dan tanaman berbunga seperti Aster, Rudbeckia, Liatris, Solidago, Artemisia, Achillea dan spesies Rubus.
Courtesy Flickr.com/HopeAbrams 

Disebut juga ngengat emerald karena dalam hidupnya sebagai larva, mereka kerap memanfaatkan teknik penyamaran yang membuat penampilan mereka menjadi seperti bunga. Di sepanjang punggung mereka ada sutra yang melintang. Warna tubuh mereka juga berubah-ubah, disesuaikan dengan tanaman yang mereka hinggapi. Kamuflase ini dilakukan oleh ngengat emerald agar tidak terdeteksi musuh.
Courtesy Flickr.com/Lika2009 

Dan seketika saat kelopak bunga mulai layu dan berubah warna, demikian pula mantel tubuh si ngengat juga berubah warna. Hihi... mirip seperti mengganti warna makeup di wajah ya.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading