Sukses

Lifestyle

Penjara Ini Bukan Penjara Biasa!

Penjara selama ini memang jadi momok untuk siapapun. Bahkan berurusan dengan hukum pun banyak sekali yang sangat takut untuk menjalaninya. Tetapi bagaimana jika penjara didesain berbeda? Apakah orang tidak akan takut lagi masuk penjara. Berikut ini dilansir dari situs oddee.com10 penjara yang sangat aneh dan unik. Tentu saja juga sangat berbeda dengan penjara pada umumnya.

1. San Pedro Prison (Bolivia)

Yang pertama adalah penjara San Pedro di Bolivia. Hampir 1500 narapidana berada di penjara ibu kota Bolivia, La Paz. Anda akan menemui keunikan setelah Anda melewati gerbang keamanan. Anda akan melihat pasar, restoran, tukang cukur, dan bahkan sebuah hotel. Anda tidak akan menemui narapidana yang berseragam ataupun penjaga keamanan. Karena setiap narapidana harus membeli sendiri selnya, maka setiap orang di dalam penjara ini harus memiliki pekerjaan.

2. Cebu Prison (Philippines)

Hiburan itu untuk siapapun dan bisa dari siapapun. Para narapidana melakukan berbagai macam koreografi dance sebagai revolusi untuk kegiatan fisik. Selain itu, lapas ini juga membuat pertunjukan live pada berbagai macam event yang diadakan di kota. Tak lupa para penari yang sehari-harinya sebagai narapidana ini akan dibayar setiap kali melakukan perform.

3. Justizzentrum Leoben (Austria): penjara bintang 5

Bangunan yang dikelilingi dengan kaca indah dan berlapiskan stainless steel adalah sebuah bangunan penjara bintang 5 di Styria, Australia. Meskipun tingkat pelanggaran kriminal yang sangat tinggi didominasi oleh US, tetapi Australia tercatat 40 persen lebih tinggi daripada US. Kenapa hal ini terjadi, yup karena penjara untuk kasus kriminal sangat menakjubkan.

4. Kresty Prison (Russia)

Penjara ini terkenal sebagai penjara yang paling penuh di dunia. Umumnya penjara tersebut berisi 3000 orang, tetapi kenyataannya penjara ini menampung hingga 10.000 orang. Vladimir Putin secara resmi mengumumkan akan merelokasi penjara tersebut ke Kolpinsky District di pinggiran Saint Petersburg.

5. Sark Prison (Guernsey)

Penjara ini terletak di sebuah pulau di Guernsey. Dibangun pada tahun 1856 dengan kondisi bangunan yang paling kecil di dunia. Kapasitas penjara ini hanya untuk 2 orang. Selain untuk narapidana, staff keamanan juga berjaga-jaga di sini hingga larut malam.

6. ADX (Colorado)

Menurut sejarah, penjara ini merupakan penjara unggulan di Colorado, USA. Sejak dibuka pada tahun 1994, tercatat begitu banyak tindak penganiayaan di penjara ini. Narapidana hanya diijinkan keluar dari selnya 9 jam dalam seminggu dan sangat jarang untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan kapasitas sel yang sangat luas untuk satu orang narapidana. Di dalam sel ini setiap orang mendapatkan fasilitas dan furniture dipasang agar tidak dapat dipindahkan. Hanya narapidana dengan kasus yang sangat berat saja yang dipindahkan ke sel ini.

7. Aranjuez Prison (Spain)

Penjara ini adalah satu-satunya penjara di dunia yang mempersiapkan setip sel nya untuk dihuni satu keluarga. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak tidak terpisah dengan orang tuanya yang menjadi narapidana. Di dalam penjara ini total terdapat 36 sel unit untuk keluarga.

8. Bastoey Island (Norway)

Penjara ini mengangkat tema eco-friendly prison. Di mana supply penerangan menggunakan energi matahari dan untuk makanan para narapidana menghasilkan tanaman pangan yang memanfaatkan lahan di area penjara. Semua makanan yang diolah di penjara ini berbahan organik. Pihak pengelola penjara juga membantu para narapidana untuk menjamin mutu makanan organik.

9. Cereso Chetumal (Mexico)

Penjara ini merupakan penjara unik yang tidak pernah melibatkan kekerasan selama 10 tahun terakhir. Penjaga penjara itu melatih para narapidana untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang kemudian dijual ke turis. Jika terdapat perbedaan pendapat antara narapidana dengan pengawas sel, maka mereka menyelesaikannya dengan bertanding tinju. Selain itu penjara ini memberikan menu yang lezat dan ruangan penjara yang nyaman.

10. Alcatraz (California)

Pulau Alcatraz merupakan pulau kecil yang terletak dekat dengan San Fransico Bay di Kalifornia, US. Penghuni sel akan merasakan seperti berada di rumah daripada merasa sedang di penjara. Selain itu daerah sekitar penjara ini dibuka sebagai daerah pariwisata. Penjara ini juga sangat terkenal karena selama 29 tahun belum pernah ada narapidana yang berhasil kabur.

Nah, bagaimana pendapat Ladies tentang penjara di Indonesia?

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading