Sukses

Lifestyle

7 Tembok Paling Fenomenal Sedunia

Di jaman kuno dulu, banyak orang membangun tembok yang tak hanya sekedar tembok Ladies. Tembok-tembok ini digunakan sebagai penanda perbatasan atau bahkan benteng pertahanan.

Dewasa kini, tembok yang dibangun pada jaman dulu menjadi tempat-tempat yang masuk dalam daftar sejarah. Nah Ladies dilansir dari touropia.com, ini lho daftar 7 tembok yang fenomenal hingga tersohor ke seluruh penjuru dunia.

Tembok besar Cina? Ya, pasti itu salah satunya. Apalagi yang lain? Yuk simak satu persatu yuk. Siapa tahu bisa menambah pengetahuan Anda :)

(vem/and)

Tembok berlin

Pasti dalam pelajaran sejarah dulu Anda sering mendengar nama tembok yang satu ini. Ya, tembok Berlin. Tembok yang dibangun mulai 13 Agustus 1961 ini berada di Jerman untuk memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur.

Selain sebagai pemisah, tembok ini dibangun untuk mencegah emigrasi dalam jumlah besar dan pembelotan antara Jerman dan komunis blok Timur selama Perang Dunia II. Beruntung, Berliner Mauer (tembok Berlin dalam bahasa Jerman) ini diruntuhkan oleh para orang Jerman pada tahun 1989. Diruntuhkannya tembok pemisah ini juga menjadi tanda berakhirnya kepemimpinan Hitler.

Tembok besar Cina

Kalau yang satu ini pasti Anda sudah tahu namun belum pernah ke sana bukan? Yups, apalagi kalau bukan tembok besar Cina. Tembok raksasa ini dibangun sejak abad 7 SM.

Tujuan dibangunnya tembok yang begitu besar di Cina ini adalah untuk melindungi perbatasan Utara Kekaisaran Cina. Selain itu, barang yang melewati The Great Wall ini akan dikenai bea cukai dan mempermudah kontrol arus imigrasi dan emigrasi pada jamannya. Sebagian besar dinding tembok ini dibangun pada masa Dinasti MIng dan terbentang hingga 8.851,8 kilometer.

Walls of Ston

Pernahkah Anda mendengar tentang Walls of Ston? Ya, tembok ini menjadi begitu fenomenal karena bentuknya yang unik. Serangkaian tembok batu ini terletak di Semenanjung Peljesac sebelah selatan Kroasia.

Dinding kuno ini memiliki panjang hingga 5,5 kilometer yang terbentang dari Ston ke Mali Ston. Pembangunan tembok bersejarah ini selesai pada sekitar abad ke 15.

Tembok Troy

Adalah tembok Troy, sebuah tembok yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Troy sendiri adalah nama sebuah kota yang legendaris di Barat Laut Turki. Tembok Troy sudah terkenal dalam sejarah semenjak 4000 tahun yang lalu, hal ini menyebabkan kota ini berhasil menyedot banyak perhatian para wisatawan.

Tembok Troy juga menjadi situs arkeologi yang paling terkenal di dunia lho Ladies.

Great Zimbabwe Walls

Pembangunan Great Zimbabwe Walls memakan waktu yang tak tanggung-tanggung. Dibangun oleh para warga adat Bantu pada abad ke-11 dan baru selesai sekitar 300 tahun kemudian Ladies.

Great Zimbabwe Walls ini sendiri adalah tempat 'reruntuhan' batu yang tersebar di seluruh penjuru negeri Zimbabwe.

Saksaywaman

Ah nama tembok yang satu ini susah sekali dilafalkan. Ya, Saksaywaman mempunyai lebih dari satu sebutan. Ada yang bilang Sasawaman, Saksawaman, Sasaywaman, Saqsaywaman, atau Saksaq Waman.

Letak Saksaywaman ini sendiri ada di pinggiran kota Cusco, Peru. Dinding kuno yang memiliki nilai sejarah tinggi ini termasuk dalam salah satu daftar warisan situs dunia UNESCO di tahun 1983. Wow keren ya..

Tembok Hadrian

Tembok Hadrian tak mau kalah dengan Saksaywaman. Tembok yang satu ini juga masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1987. Meskipun tak sepanjang Tembok Besar Cina, Tembok Hadrian memiliki panjang yang tak main-main, yakni 117 kilometer.

Pembangunan tembok ini dilakukan oleh bangsa Romawi untuk melindungi koloni Britania dari suku-suku di Skotlandia. Letaknya di sebelah utara Inggris, terbentang dari Laut Irlandia sampai ke Laut Utara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading