Sukses

Lifestyle

Alkisah Gunung Kelud Dan Ritual Larung Sesaji Yang Suci

Terlepas dari pemberitaan tentang meletusnya Gunung Kelud hari Kamis (13/2) lalu, mari kita sedikit membahas tentang ritual adat yang dilakukan di Kawah Gunung Kelud. Nama upacara adat nan suci ini adalah larung Sesaji. Larung Sesaji diadakan setiap bulan suro dan digelar di Desa Sugihwarasm Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Dilansir dari merdeka.com (15/2), menurut cerita masyarakat setempat, Larung Sesaji ini mempunyai tujuan untuk menolak bala sumpah Lembu Suro yang merasa ditipu oleh Dewi Kilisuci. Bagi umat Hindu yang melakukan upacara adat ini, Larung Sesaji digelar untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi. Selain itu, pagelaran ini juga digelar sebagai bentuk penghormatan pada penguasa Gunung Kelud.

Foto: copyright merdeka.com

Yang hadir dalam ritual adat ini pun berasal dari berbagai kalangan masyarakat, khususnya mereka yang menganut Hindu dari Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. Larung Sesaji biasa digelar pada pukul 10.00 WIB dan selesai pada pukul 13.00 WIB.

Foto: copyright merdeka.com

Tradisi budaya ini jelas menarik perhatian banyak orang dari Kediri dan luar kota Kediri. Awal mula, Larung sesaji diadakan di kawah Gunung Kelud. karena lokasi kawah yang kini telah menjadi batu, ritual ini pun diadakan di tepian kawah.

Foto: copyright merdeka.com

Anda berminat melihat langsung upacara Larung Sesaji? Sabar, tunggu Gunung Kelud bersahabat dulu ya Ladies :)

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading