Sukses

Lifestyle

Untuk Anda yang Berusia 20 Tahunan, Wajib Baca yang Satu Ini!

Setiap manusia akan berproses dan menjalani kehidupan tangga demi tangga. Untuk Anda yang saat ini berusia 20 tahunan, khususnya yang masih di bawah 26 tahun, mungkin pernah mendengar atau mengalami yang disebut dengan quarter-life crisis, krisis kehidupan yang dialami oleh sebagian besar orang di usia 20 tahunan. Seperti yang dilansir oleh buzzfeed.com, ada 10 tanda yang bisa mengindikasi seseorang terkena quarter-life crisis. Yuk, simak infonya berikut ini, mungkin Anda juga tanpa sadar juga mengalaminya.

1. Terbayang Ingin Melakukan Sesuatu yang Gila
Ketika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, bosan dan jenuh di pekerjaan atau masih mencari-cari apa yang Anda inginkan di kehidupan Anda, Anda mungkin membayangkan ingin melakukan sesuatu yang gila dan belum pernah Anda lakukan. Misalnya saja Anda tiba-tiba ingin gabung di pasukan militer, ingin menjual semua barang Anda agar bisa keliling dunia, dan sebagainya.

2. ...tetapi Anda Tidak Bisa Membuat Keputusan yang Tepat
Meskipun Anda sudah bisa memutuskan segala sesuatunya sendiri, Anda tidak menghilangkan rasa takut dari diri Anda sendiri. Anda takut jika memilih sesuatu dan ternyata sesuatu itu tidak memenuhi harapan Anda, semuanya akan sia-sia dan Anda pun pasti akan kembali ke titik awal.

3. Anda Kembali Mengenang Masa-Masa SMA dan Kuliah
Anda bisa merasa tiba-tiba kangen dengan masa-masa Anda ketika masih SMA dan kuliah, dan tersadarkan, "Waktu cepat sekali berlalu, ya."

4. Takut Terlalu Boros
Anda mulai takut terlalu boros dan mengeluarkan uang dengan penuh perhitungan. Alasannya simpel, karena Anda tidak mau terlunta-lunta atau tiba-tiba tidak punya uang nantinya.

5. Mulai Memikirkan Hubungan Percintaan dengan Lebih Serius
Tak ada lagi cinta monyet, putus nyambung, dan semacamnya. Yang ada di pikiran Anda adalah bagaimana nantinya membangun dan menjalani hubungan rumah tangga.

6. Sering Merasa Tiba-Tiba Takut Gagal
Ketika kuliah, saat gagal di sebuah mata kuliah, Anda masih bisa mengambil mata kuliah itu dan mendapat nilai yang lebih bagus. Tetapi, setelah Anda lulus dan mulai masuk di dunia kerja, Anda mulai lebih sering takut gagal. Karena masalahnya adalah jika gagal, seluruh kehidupan Anda juga akan berubah (tidak hanya nilai di atas kertas saja).

7. Mulai Merasa Bosan dengan Teman-Teman Anda
Jika dulu Anda sering berkumpul dan berpesta atau bersenang-senang dengan teman Anda hingga larut malam, kini Anda lebih sering menghabiskan malam Anda sendirian.

8. Anda Semakin Sering Membandingkan Diri Anda dengan Teman-Teman Sebaya Anda
Yeah, semua teman-teman sebaya Anda sudah menikah dan Anda sendiri belum tahu kapan jodoh itu datang.

9. ...atau Membandingkan Diri Anda dengan Orang Tua Anda Ketika Mereka Seusia Anda
Orang tua Anda ketika seusia Anda sudah memiliki anak (yaitu Anda sendiri), sudah punya rumah, sudah memiliki pekerjaan atau karir yang mapan, dan seterusnya.

10. Anda Merasa Berada di Usia 20 Tahunan Saat Ini Berbeda dengan yang Pernah Anda Bayangkan
Mungkin pekerjaan Anda saat ini berbeda dengan mimpi Anda dulu. Mungkin kehidupan Anda seharusnya jauh lebih baik dari saat ini. Dan beragam kemungkinan dan impian lain yang ternyata berbeda ketika Anda sudah mencapai usia 20 tahunan.

And, now, what to do?

Ladies, hal-hal seperti di atas sebenarnya alami dan dialami oleh banyak orang seusia Anda. Jadi, jangan terlalu khawatir atau merasa takut. Hidup terlalu pendek jika hanya diisi dengan keluhan atau rasa kecewa saja. Syukuri semua yang Anda miliki saat ini, toh hidup juga bukan perlombaan lari, bukan? Yang penting adalah kualitas hidup Anda sekarang bukan sekadar siapa yang cepat mendarat di garis finish atau siapa yang mendapat keberhasilan terlebih dahulu.

Di usia 20 tahunan, kita semua sedang berproses untuk menemukan identitas kita yang sesungguhnya dan yang lebih matang. Memang mungkin akan lebih sulit, tetapi itulah yang akan membuat hidup Anda lebih bermakna. Jalani hidup Anda sendiri, tak perlu pusingkan diri Anda memikirkan kehidupan orang lain. Lagipula, masih banyak orang-orang yang menyayangi Anda saat ini, seperti orang tua, saudara, dan sahabat terdekat Anda. Embrace this life with joys and happiness!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading